Ini Penyebab 86 Persen BBM Subsidi Dinikmati Orang Kaya, Menurut Sri Mulyani

Mochamad Rizky Fauzan
Ini penyebab 86 persen BBM subsidi dinikmati orang kaya menurut Sri Mulyani.. (Foto: DOK.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Ini penyebab 86 persen BBM subsidi dinikmati orang kaya menurut Sri Mulyani. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, mayoritas BBM subsidi dinikmati oleh orang kaya. Artinya, orang miskin hanya menikmati sedikit anggaran ratusan triliun untuk subsidi energi

"Jadi yang orang miskin tadi, dari ratusan triliun subsidi itu, dia hanya menikmati sangat kecil," katanya, dalam rapat kerja Komite IV DPD dengan Menteri Keuangan, Bappenas, dan Bank Indonesia pada Kamis (25/8/2022).

Dia membeberkan, misalnya Pertalite yang dikonsumsi oleh 30 persen orang terkaya dan Solar subsidi digunakan oleh 40 persen orang terkaya. Total anggaran subsidi untuk Pertalite, sebesar 86 persen di antaranya dikonsumsi oleh 30 persen orang terkaya. 

Untuk Solar subsidi, dari total anggaran subsidi Rp143 triliun, orang kaya dan pelaku usaha menikmati Rp127 triliun. Artinya, ada 89 persen dari total subsidi solar dinikmati orang kaya.

Dia menuturkan, penjualan BBM subsidi yang salah sasaran adalah konsekuensi yang harus ditanggung dari mekanisme penyaluran subsidi terhadap barang. Pasalnya, tidak ada larangan bagi siapa saja untuk membeli BBM bersubsidi, termasuk orang kaya yang bukan sasaran BBM bersubsidi.

Editor : Miftahudin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network