KOTA TEGAL, iNewsTegal.id - Pasca rintang jalan KA Argo Bromo Anggrek yang terjadi pada 1 Agustus 2025 lalu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang kembali memperluas jangkauan layanan refund 100 persen sebagai bentuk tanggung jawab.
Manager Humas Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan bahwa proses pengembalian bea tidak lagi terbatas di loket stasiun.
Mulai Senin, 4 Agustus 2025 pukul 14.00 WIB, pelanggan dapat melakukan pembatalan tiket dan pengajuan refund secara mandiri melalui dua kanal tambahan, yaitu Contact Center 121 (CC121) dan fitur VoIP di aplikasi Access by KAI.
“Kami memahami bahwa tidak semua pelanggan memiliki waktu atau kemudahan untuk datang langsung ke stasiun. Karena itu, KAI menghadirkan opsi jarak jauh agar proses refund tetap mudah, aman, dan cepat,” ujar Franoto, Selasa (5/8/2025).
Langkah ini kata Fran mempertegas komitmen KAI untuk tetap mengedepankan hak-hak pelanggan, khususnya bagi penumpang yang terdampak gangguan perjalanan. "Pelanggan yang mengalami keterlambatan lebih dari 1 jam, perubahan rute (rerouting), atau tidak dapat melanjutkan perjalanan karena keterbatasan layanan, berhak mendapatkan pengembalian dana secara utuh," terangnya.
Editor : Miftahudin
Artikel Terkait