get app
inews
Aa Read Next : Ortu Bharada E Tulis Surat Terbuka Penuh Haru untuk Jokowi hingga Mahfud MD

Jokowi Bakal Ke Ukraina, 39 Personil Disiapkan Kawal Presiden

Jum'at, 24 Juni 2022 | 18:42 WIB
header img
Paspampres telah menyiapkan 39 personel pilihan untuk mengamankan Presiden Jokowi saat ke Ukraina. (Foto ilustrasi : Dok Sindonews).

JAKARTA,iNews.id - Sedikitnya 39 anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres) akan ditugaskan untuk mengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan lawatan ke Ukraina.

Selain menyiapkan pasukan khusus untuk mengawal, Paspamres juga menyiapkan beberapa skenario seperti memastikan jarak daerah perang Rusia-Ukraina dengan lokasi kunjungan Presidean benar-benar aman.

jokowi sendiri rencannya akan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Mayjen Tri Budi Utomo, mengatakan Daerah pertemuan berjarak sekitar 350 kilometer dari titik perang Rusia-Ukraina.

"Kurang lebih jaraknya sekitar paling dekat yang ledakan (Donetsk) itu adalah 380 kilometer dari Kyiv. Itu yang sudah kita antisipasi. Sementara mereka (Rusia) masih melakukan serangan ya memang di seputaran Donetsk itu saja," katanya.

Paspampres telah menyiapkan 39 personel pilihan yang akan mendampingi Presiden Jokowi.

"Kalau kita sendiri yang melekat ke beliau ada 19 ditambah yang matannya sendiri 10 di sana, berarti 29 ditambah dengan 10 orang uang sudah standby di sana," ujar Tri Budi.

Tri Budi pun menjelaskan persiapan timnya dalam mengawal Presiden Jokowi. Di antaranya beberapa minggu lalu pihaknya sudah mulai latihan hingga hari ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga.

"Contohnya penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di stasiunnya sendiri, di jalan seperti apa, meng -escape beliau itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya," kata Tri Budi.

BACA JUGA : Amankan Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Ini Skenario yang Dilakukan Paspampres

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut