Logo Network
Network

Mitha Sentil BPH Migas, Dianggap Kurang Maksimal Awasi Distribusi BBM

Dede Kurniawan
.
Jum'at, 01 Juli 2022 | 11:58 WIB
Mitha Sentil BPH Migas, Dianggap Kurang Maksimal Awasi Distribusi BBM
Paramitha Widya Kusuma, nama anak mantan Bupati Brebes, Indra Kusuma (foto: Ist)

BREBES, iNews.id - Anggota Komis VII DPR RI, Paramitha Widya Kusuma menyebutkan, selama ini BPH Migas sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam hal pengawasan, tidak menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

Politikus PDI Perjuangan ini juga mengatakan, kalau yang memutuskan kuota BBM untuk tiap daerah itu adalah BPH Migas. Ketika mereka(BPH MIgas) sudah bagikan kuotanya, kenapa mereka tidak bisa mengawasi? Sejatinya mereka harus bertugas sesuai tupoksinya.

Putri mantan Bupati Brebes Indra Kusuma itu, juga menjelaskan terkait pengawasan, yang bertanggung jawab adalah BPH Migas, bukan Pertamina. Pertamina hanya menjalankan penugasan untuk mengadakan dan menyalurkan BBM bersubsidi hingga ke daerah terpencil. Mitha menguraikan dari setiap liter BBM yang dibeli konsumen, itu ada fee yang didapat oleh BPH Migas.

"Berarti selama ini masyarakat selalu bayar fee ke BPH Migas dari tiap liter pembelian BBM tapi kok BPH Migas enak sekali kerjanya, karena berarti fee yang kita bayarkan sia-sia," ujar Mitha, Jumat (1/7/2022).

Lanjut Mitha, solusi lain ketimbang penggunaan aplikasi MyPertamina yakni, memaksimalkan pemanfaatan digitalisasi. Sudah lebih dari 90 persen SPBU yang dipasangkan alat digitalisasi di seluruh Indonesia tapi tidak dijalankan dengan baik.

"Jangankan di Jakarta, di Jateng, Jatim, Sumatera itu banyak temuan digitalisasi yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Itu saja dibetulkan pelaksanaannya," pintanya

Menurut putri mantan Bupati Brebes Indra Kusuma itu, BPH Migas harus bekerja sesuai dengan tupoksi. Jika aplikasi MyPertamina tersebut gagal lagi dalam menyalurkan BBM bersubsidi kepada yang berhak, pasti yang diserang nanti Pertamina dan Patra Niaga, bukan BPH Migas."

Kalau ada kelangkaan juga, pasti yang dibully Pertamina. Padahal BPH Migas yang bertanggung jawab sesuai dengan Undang-undang," tutup polisi muda tersebut.

BACA JUGA 

Legislator Sebut Aplikasi MyPertamina Ribet

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.