get app
inews
Aa Read Next : Warga Kota Batu Terpapar Penyakit Kencing Tikus, Kenali Gejalanya

Momen Idul Adha, Jagal Kampung Kebanjiran Order Sehari Bisa 20 sampai 40 Potong Hewan Kurban

Senin, 11 Juli 2022 | 16:30 WIB
header img
Mantan Lebe Desa Pakijangan, Kec. Bulakamba, Kab. Brebes, H. Mufrodi saat menyembelih hewan kurban. (Foto: Zafran Arshaka)

BREBES, iNews.id - Momen Idul Adha yang selalu dilaksanakan penyembelihan hewan kurban, biasanya hewan kurban yang disembelih adalah Kambing dan Sapi. Momen ini juga menjadi berkah tersendiri untuk jagal kampung yang kebanjiran orderan untuk menyembelih dan juga menguliti hewan kurban.

Seperti yang diutarakan mantan perangkat desa (lebe) Desa Pakijangan, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes. H. Mufrodi, yang mengaku pada perayaannya Idul Adha kali ini dirinya banyak diminta sama masyarakat untuk menyembelih hewan kurban baik di rumah masing-masing maupun di masjid atau musala.

”Pada musim Hari Raya Idul Kurban tahun ini, saya sudah menyembelih hewan kurban sekitar kambing 17 ekor, dan sapi 2 ekor. Itu belum terhitung jika ada lagi warga di desanya yang menyembelih hewan setelah Idul Adha," ujarnya saat ditemui Senin (11/7/2022).

Mufrodi juga mengatakan, pada saat Idul Adha ini dirinya harus bangun lebih pagi, setelah sholat id, dirinya langsung bergegas dengan segala peralatan yang dimiliki seperti pisau dan golok yang sudah disiapkan sebelumnya. 

Untuk warga yang mau memesan jasa Mufrodi juga harus pesan dulu minuman beberapa hari sebelum pelaksanaan, ini menghindari kalau ada yang bentrok waktunya.

Saat disinggung mengenai berapa besaran upah yang diterima dari setiap ekor hewan kurban yang disembelih oleh dirinya, Mufrodi enggan menjawab pertanyaan itu, dirinya merasa bekerja dengan ikhlas, terkait upah dirinya tidak pernah menargetkan besaran yang diterima.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut