get app
inews
Aa Read Next : Waspadai Perubahan Iklim, Kota dan Kabupaten Terancam Terpisah

Komoditas Pertanian Unggulan di Brebes Alami Penurunan Produksi

Jum'at, 29 Juli 2022 | 22:57 WIB
header img
Produksi pertanian di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akhir- akhir ini mengalami penurunan drastis. (Foto: Nino)

BREBES, iNews.id - Produksi pertanian di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akhir- akhir ini mengalami penurunan drastis. Turunnya produk pertanian disebabkan tanaman terkena OPT (Organisme Penyerang Tanaman) ganda sebagai dampak dari perubahan iklim.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Yulia Hendrawati menjelaskan, perubahan iklim sangat dirasakan dampaknya oleh petani. Ada dua komoditas pertanian unggulan di Brebes yang mengalami penurunan produksi, yakni cabai dan bawang merah.

"Sebenarnya semua tanaman terkena dampak, tapi di Brebes ini yang menjadi unggulan adalah komoditas jenis cabai dan bawang merah. Kedua tanaman itu produksinya turun karena iklim yang tidak menentu," ungkap Yulia Hendrawati, Jumat (29/7/2022).

Yulia mencontohkan, musim hujan, jenis OTP atau hama yang menyerang adalah bakteri dan jamur (fungi). Kemudian di saat kemarau, hama yang menyerang adalah ulat dan sejenisnya. 

Pada periode Juni dan Juli seperti sekarang ini, sudah masuk musim kemarau, tapi pada kenyataanya masih turun hujan. Sehingga selain terkena bakteri dan jamur, tanaman juga terserang hama ulat.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut