get app
inews
Aa Read Next : Apa Benar Cacar Monyet Bisa Jadi Calon Pandemi Baru? Cek Faktanya

Kenali Gejala Cacar Monyet, Salah Satunya Penis Bengkak dan Nyeri Dubur

Senin, 01 Agustus 2022 | 21:17 WIB
header img
Ilustrasi cacar monyet (Foto: Antara/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/tm (REUTERS/DADO RUVIC)

JAKARTA, iNews.id - Kenali gejala cacar monyet, salah satunya penis bengkak dan nyeri dubur. Gejala yang ditimbulkan infeksi cacar monyet, ternyata bukan hanya lesi (luka) berair atau ruam kemerahan di kulit. Dari studi penelitian terbaru, disebutkan ada gejala lain yang menjadi gejala terbaru dari cacar monyet.

Melalui laporan studi yang dipublikasikan di BMJ, ada gejala cacar monyet terbaru yang dilaporkan di Inggris, pasien mengalami pembengkakan pada penis dan nyeri dubur. Gejala cacar monyet yang berbeda dengan epidemi cacar monyet di Afrika.

Penelitian dilakukan oleh Guys and St Thomas's NHS Foundation Trust di London, dengan mengamati 197 orang pasien yang dites positif cacar monyet sejak Mei hingga Juni 2022. Semuanya adalah pria dengan 196 di antaranya pria gay, biseksual, atau laki-laki berhubungan seks dengan laki-laki

Ini mencerminkan situasi secara global bahwa wabah ini memang mempengaruhi kelompok sesame jenis, sekali pun memang virus cacar monyet tetap bisa menginfeksi semua orang.

"Di antara 197 pasien ini, semuanya mengalami lesi yang paling sering muncul di alat kelamin dan daerah sekitar anus," bunyi laporan studi, mengutip Newsweek, Senin (1/8/2022).

Para peneliti juga menemukan 71 orang pasien mengalami nyeri dubur atau nyeri saat buang air besar. Ini juga menjadi alasan utama 8 orang orang sampai harus dirawat di rumah sakit.

Salah satu pasien, pria berusia 46 tahun, mencari pertolongan medis setelah mengalami gejala yang dimulai dengan demam, sakit tenggorokan, dan kelelahan, yang diikuti nyeri dubur yang parah.

"Seminggu setelah gejala itu muncul, nyeri duburnya menjadi sangat parah, sehingga dia perlu dirawat di rumah sakit," tambah laporan itu.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut