7 Penyakit Seksual Menular yang Bisa Mengintai, Penganut TTM wajib Simak

Dyah Ratna Meta Novia/Net Tegal
.
Jum'at, 05 Agustus 2022 | 20:57 WIB
Tujuh penyakit seksual menular yang bisa mengintai, penganut Teman Tapi Mesra (TTM) wajib simak. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Tujuh penyakit seksual menular yang bisa mengintai, penganut Teman Tapi Mesra (TTM) wajib simak. Banyak anak muda gaul yang tertarik punya hubungan Friends With Benefit (FWB) atau yang lebih dikenal dengan istilah TTM. 

Ini merupakan hubungan asmara yang lebih mengutamakan hubungan seks tanpa komitmen. Jadi para pelaku FWB bisa berganti-ganti pasangan sesukanya, semacam seks bebas.

Padahal seks bebas meningkatkan risiko terkena penyakit menular seksual. Menyadur dari Medical Herald, terdapat penyakit menular seksual (PMS) yang bisa mengintai para pelaku FWB, apa saja?. Berikut penyakit menular seksual yang dikutip dari berbagai sumber yang dihimpun pada Jumat (5/8/2022).

7. Cacar monyet

Memang cacar monyet belum resmi disebut penyakit menular seksual. Namun sejumlah pakar mengatakan, 95 persen cacar monyet ditularkan saat berhubungan seks. Ini akibat kontak erat dan dekat saat berhubungan seksual. Apalagi jika suka berganti pasangan seksual, maka risiko kena cacar monyet makin besar.

6. Kutil Kelamin

Dokter Amelia Soebyanto, SpDV, selaku Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Pramudia menjelaskan, ada beberapa orang yang berisiko tinggi terkena kutil kelamin.

"Mereka adalah orang yang aktif secara seksual dan memiliki kebiasaan berganti-ganti pasangan seksual tanpa menggunakan pengaman (kondom), memiliki riwayat infeksi menular seksual, serta memiliki gaya hidup yang kurang sehat seperti sering mengonsumsi alkohol, dan merokok," ujar Dokter Amelia.

“Penularan kutil kelamin, selain dari hubungan seksual yang menyebabkan kontak langsung dengan mukosa dari penderitanya,” sambungnya.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini