get app
inews
Aa
Read Next : Ini Alasan Kenapa Perempuan Sering Pura-pura Orgasme

7 Penyakit Seksual Menular yang Bisa Mengintai, Penganut TTM wajib Simak

Jum'at, 05 Agustus 2022 | 20:57 WIB
header img
Tujuh penyakit seksual menular yang bisa mengintai, penganut Teman Tapi Mesra (TTM) wajib simak. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

5. Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah parasit yang dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak genital. Wanita lebih cenderung mendapatkan trikomoniasis daripada pria. Gejalanya termasuk rasa panas, gatal dan alat kelamin yang menyakitkan. Pria dan wanita juga bisa mengalami pelepasan dari alat kelamin.

4. Gonorea

Gonore dan klamidia memiliki gejala serupa. Sekitar 80 persen wanita yang terkena gonore tidak mendapatkan gejala. Kabar baiknya adalah infeksi bakteri dapat diobati dengan antibiotik.

3. Herpes

Anda dapat mengidap herpes melalui kontak kulit. Herpes menyebabkan benjolan dan lecet di sekitar alat kelamin. Lepuh bisa terasa menyakitkan dan tidak sedap dipandang. Herpes adalah virus yang tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikelola dengan obat-obatan.

2. Chlamydia

Chlamydia dapat menyebabkan keluarnya cairan dari vagina atau penis. Anda juga bisa mengalami rasa terbakar saat buang air kecil. Tidak semua orang yang terinfeksi memiliki gejala yang nyata dan berarti. Bahkan dalam beberapa kasus orang yang mengidapnya justru tidak mengetahui telah mengidap penyakit ini. Chlamydia dapat diobati dengan antibiotik, jadi Anda tidak harus hidup dengan infeksi bakteri.

1. HPV

HPV adalah PMS paling umum dialami oleh masyarakat. Anda berisiko mengidap 40 jenis HPV berbeda. Penyakit ini dapat menyebar hanya melalui kontak dari kulit ke kulit. Penyakit ini juga dapat menyebar melalui kegiatan seksual berupa oral, vaginal dan anal. Beberapa HPV dapat menyebabkan kanker serviks, namun dalam kasus tertentu, penyakit tersebut dapat menyebar dan menyebabkan kanker di mulut dan tenggorokan atau penis.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut