get app
inews
Aa Read Next : Sri Mulyani Beberkan Jika APBN Sakit, Bikin Ngeri

Ini Penyebab 86 Persen BBM Subsidi Dinikmati Orang Kaya, Menurut Sri Mulyani

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 13:15 WIB
header img
Ini penyebab 86 persen BBM subsidi dinikmati orang kaya menurut Sri Mulyani.. (Foto: DOK.iNews.id)

Seharusnya subsidi hanya menyasar masyarakat miskin dan rentan. Itu karena mereka yang sangat terdampak oleh gejolak harga.

"Kalau subsidi melalui barang, dan barang itu dikonsumsi orang mampu, ya kita menyubsidi orang mampu. Memang ada orang-orang yang tidak mampu dan miskin tetap juga menikmati barang itu, tetapi porsinya kecil," tuturnya.

Akibat distribusi BBM subsidi yang salah sasaran, volume penjualan BBM tidak terkontrol. Hal itu yang makin membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pemerintah akhirnya menaikkan subsidi dan kompensasi BBM menjadi Rp502 triliun, dengan volume BBM yang telah ditetapkan untuk mendapatkan subsidi.

Sebelumnya, kuota Pertalite hingga akhir tahun ini sebanyak 23 juta kiloliter (KL) dan Solar 15,1 juta KL. Namun pada akhir Juli, jatah Pertalite yang sudah terpakai mencapai 16,84 juta kiloliter atau 73 persen dari kuota dan Solar terpakai 9,88 juta KL atau 65 persen dari kuota tersedia. 

Berdasarkan hitungannya, kuota Solar subsidi diperkirakan bakal habis pada Oktober, sedangkan Pertalite akan habis lebih cepat atau pada September mendatang.  “Artinya, tiap bulan 2,4 juta kiloliter (Pertalite) habis. Jika (tren) ini diikuti, akhir September 2022 habis (kuota) untuk Pertalite,” ucapnya.
 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut