Kurangi Abrasi di Pesisir Pantura, Nasdem Brebes Tanam Seribu Bibit Pohon Mangrove

Zafran Arshaka
.
Senin, 29 Agustus 2022 | 13:54 WIB
Kader dan simpatisan DPD Partai Nasdem Brebes tanam bibit pohon mangrove di areal pertambakaan Dukuh Sigempol, Desa Randusangan Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. (foto: Zafran Arshaka)

Tarwanto menerangkan, untuk mengawali, pihaknya menanam seribu pohon bibit mangrove, dan ke depan akan terus berlanjut agar wilayah pesisir Pantura bisa diselamatkan," terang Tarwanto. 

Kader Partai Nasdem yang sekaligus petani tambak, Subarkah, 53, mengaku jika abrasi di wilayah pesisir utara Kabupaten Brebes sudah sangat parah khususnya di wilayah Desa Randusanga Kulon dan Randusanga Wetan Kecamatan Brebes. 

"Rob tidak hanya merendamkan lahan tambak, namun juga banjir rob merendamkan perkampungan padat penduduk. Sebagai kader Nasdem saya mewakili khusunya petani tambak mendukung program peduli untuk lingkungan yang dilakukan pihak DPD Partai Nasdem Brebes," jelas Subarkah.

Subarkah memaparkan, abrasi sudah berlangsung lama sejak belasan tahun lalu, namun abrasi pada tahun ini justru paling parah ketimbang abrasi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Yang menjadi kendala pada saat terjadi air pasang laut, pohon yang baru ditanam oleh pihak lainnya ikut diterjang banjir rob yang menerjang. Petani tambak di Desa Randusanga saja akibat rob merugi hingga miliaran rupiah, akibatnya budi daya udang vaname yang ditanam hilang terbawa banjir rob," jelas Subarkah. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini