Logo Network
Network

Ternyata ini 8 Rahasia Kecantikan Wanita Jawa, Suka Minum Jamu Hingga Minum Susu

Novie Fauziah/Net Tegal
.
Sabtu, 03 September 2022 | 07:50 WIB
Ternyata ini 8 Rahasia Kecantikan Wanita Jawa, Suka Minum Jamu Hingga Minum Susu
Ternyata ini delapan rahasia kecantikan wanita jawa, suka minum jamu hingga mandi susu. (Foto: Istimewa)

6. Pijat aromaterapi

Kemudian jenis pijatan ini merupakan salah satu perawatan yang paling populer di Indonesia. Saat melakukan pijat aromaterapi, bahan aktif minyak atsiri yang dicampur dengan minyak aromaterapi yang dioleskan pada kulit akan membantu Anda untuk merasakan efek relaksasi pada sistem saraf pusat.

Beberapa minyak mengandung sifat obat yang dapat memiliki efek pada organ yang menderita penyakit tertentu.

5. Pijat Tradisional

Jika Anda pernah melihat layanan pijat untuk kecantikan, maka metode perawatan ini ternyata sudah dilakukan wanita Jawa lho sejak lama. Selain untuk kecantikan, pijat tradisional juga dapat menenangkan pikiran.

Pijat Tradisional Indonesia biasanya menggunakan minyak kelapa, serta bunga-bunga tropis untuk memberikan aroma ringan.

4. Jamu

Rutin mengonsumsi jamu-jamuan juga jadi salah satu rahasia kecantikan para wanita Jawa. Meski rasanya relatif pahit dan juga sepat, namun minuman satu ini sangatlah berkhasiat kerena dapat membantu merawat tubuh dari dalam.

Adanya jamu ini sudah hadir selama seribu tahun, yakni sebagai tradisi sejak periode kerajaan Hindu-Jawa. Hal tersebut terbukti, dengan adanya Madhawapura prasasti dari Majapahit yang menyebutkan profesi untuk membuat jamu.

Bahan Jamu diambil dari bagian tanaman di Indonesia seperti akar, daun, buah, bunga dan kulit. Kemudian, formula yang digunakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

3. Mandi susu

Selanjutanya adalah mandi susu, jadi ritual perawatan diri yang sering dilakukan oleh para wanita Jawa. Mandi ini dikenal untuk membuat kulit lembut dan menangkal radikal bebas.

Kemudian, mandi susu juga ditujukan untuk kecantikan yang dilakukan secara tradisional dan telah digunakan oleh putri Jawa, selama berabad-abad lamanya. Guna dijadikan sebagai obat mujarab agar awet muda.

2. Mandi bunga

Rahasia kecantikan wanita Jawa yang kedua, yaitu mandi bunga. Sesuai dengan namanya, seseorang yang melakukan aktivitas ini akan dimandikan dengan bunga-bunga segar dan harum yang melumuri seluruh tubuhnya.

Selain itu, perawatan satu ini kerap dianggap sebagai puncak kunjungan turis mancanegara di Indonesia. Bak mandi air hangat dipersiapkan dengan kelopak melati, gardenia, kembang sepatu, magnolia, dan bugenvil. Kelopak bunga tersebut dipilih tak hanya untuk aroma yang diberikan saja, tetapi juga untuk warna yang kaya.

1. Mandi lulur

Mandi lulur merupakan perawatan tradisional, umumnya dilakukan di banyak salon kecantikan dan spa di Indonesia. Pengobatan ini juga telah dipraktikkan di istana Jawa sejak abad ke-17.

Proses mandi lulur sendiri yaitu melibatkan pengelupasan kulit dan polishing tubuh yang membuat kulit lembut, kenyal dan mengkilap. Sebagai pengetahuan, kata 'lulur' sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya 'lapisan kulit'.


Itulah 8 rahasia kecantikan wanita jawa agar terlihat cantik, perempuan Jawa kerap dijadikan acuan untuk mempercantik diri, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua.
 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini