get app
inews
Aa Read Next : Petugas Kebersihan Jatuh dari Menara Gereja Blenuk Semarang, Begini Kondisinya

Ini Daftar Gubernur Jawa Tengah dari Masa ke Masa

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 12:25 WIB
header img
Ini daftar Gubernur Jawa Tengah dari masa ke masa.. (Foto :Diskominfo Boyolali)

JAKARTA, iNewsTegal.id Ini daftar Gubernur Jawa Tengah dari masa ke masa. Gubernur Jawa Tengah dari Masa ke Masa sudah berganti 14 kali sejak 5 September 1945 hingga sekarang. 

Jawa Tengah adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Ibu kotanya adalah Kota Semarang. Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sudah dipimpin gubernur sejak tahun 1945 atau pasca Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Gubernur Jateng pertama dipimpin oleh R. Pandji Soeroso menjabar periode 5 September-12 Oktober 1945. Gubernur Jateng saat ini dipimpin Ganjar Pranowo periode 23 Agustus 2014 hingga sekarang.

Jawa Tengah sebagai provinsi dibentuk sejak zaman Hindia Belanda. Hingga tahun 1905, Jawa Tengah terdiri atas 5 wilayah (gewesten), yakni Semarang, Pati, Kedu, Banyumas, dan Pekalongan.

Dari daftar nama Gubernur Jawa Tengah dari masa ke masa, ada nama Soepardjo Roestam. Soepardjo Roestam merupakan Mendagri dan Menkokesra era Presiden Soeharto. Pria kelahiran Sokaraja, Kabupaten Banyumas, 12 Agustus 1926 itu merupakan ajudan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut