Ribuan Perangkat Desa Geruduk DPRD Brebes, Ini Tuntutannya

Petra Akbar
.
Kamis, 20 Oktober 2022 | 17:17 WIB
Ribuan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Brebes menggeruduk Kantor DPRD Brebes (Foto: Petra Akbar)

BREBES, iNews.id - Ribuan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Brebes menggeruduk Kantor DPRD Brebes, Kamis (20/10/2022).

Mereka menuntut terkait UU No.6 tahun 2014 tentang desa dan PP No.47 tahun 2015 tentang perubahan atas PP No 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU No.6 tahun 2014 tenyang Desa.

Para pendemo ini tiba di kantor DPRD pukul 10.00 WIB. Sambil membentangkan spanduk, perwakilan massa demo melakukan orasi secara bergantian.

Sekretaris PPDI Kabupaten Brebes, Khamin, mengatakan kedatangan mereka ke kantor wakil rakyat sebagai bentuk penolakan terhadap pembatasan masa jabatan perangkat desa.

Ada salah satu poin dalam surat rekomendasi dari APDESI (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Nomor 084/B/DPP-APDESI/X/2022 yang mengatur masa jabatan perangkat desa sama dengan masa jabatan kepala desa.

"Undang-undang (tentang) desa sudah mengatur secara jelas bahwa batas jabatan perangkat desa sampai umur 60 tahun. Jadi kami menolak surat rekomendasi APDESI itu," ujarnya disela aksi unjukrasa.

Dalam aksi itu, pendemo diterima oleh Sekda Brebes, Djoko Gunawan, dan Wakil Ketua DRRD Brebes, Wurja. Di hadapan massa demo, Sekda dan Komisi 1 DPRD menyatakan akan meneruskan tuntutan dan aspirasi pendemo.

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini