KPU: Pemilu Tingkat Partisipasi Disabilitas di Kota Tegal Lebih Tinggi

Nino
.
Minggu, 27 November 2022 | 18:59 WIB
KPU Kota Tegal menggelar media gathering bersama sejumlah wartawan. (Foto: Nino).

KOTA TEGAL, iNewsTegal.id - Partisipasi disabilitas pada Pemilihan Umum ternyata lebih tinggi dari warga masyarakat Kota Tegal yang pada umumnya.

"Bedasarkan pengalaman Pemilu 2019 lalu, tingkat partisipasi pemilih kita hanya 77,84 persen. Sedangkan partisipasi temen-temen kita disabilitas ada tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa dan keterbatasan mental ternyata tingkat partisipasinya lebih tinggi dari pada masyarakat umum yakni 84,94 persen," kata komisioner KPU Kota Tegal, Jawa Tengah, H Thomas Budiono Sabtu (26/11/2022).

Jumlah pemilih saat itu sekira 196 ribu lebih. Apabila dibandingkan dengan jumlah umum perbedaan jumlah disabilitas yang hanya sekira seribuan memang kecil. 

"Jumlah tersebut kata Thomas tidak menjadi tolak ukur, tetapi saya.akan menunjukan ternyata temen-temen kita disabilitas meski jumlahnya sedikit dan dia datang ke TPS harus dibantu orang lain tetapi semangat mereka sangat tinggi. Sementara kita sehat masih normal tinggal jalan masih malas.," ungkap Thomas.

Kemungkinan Pemilu 2024 mendatang partisipasi disabilitas Thomas yakin akan masih tinggi.

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini