5 Keris Paling Sakti di Tanah Jawa, Nomor 1 Paling Fenomenal Karya Empu Gandring

Dede Kurniawan/Net Tegal
.
Kamis, 01 Desember 2022 | 23:17 WIB
Lima keris paling sakti di tanah jawa, nomor satu yang paling fenomenal karya Empu Gandring .Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsTegal.idLima keris paling sakti di tanah jawa, nomor satu yang paling fenomenal karya Empu Gandring. Bagi sebagian masyarakat Jawa, keris sakti banyak dihormati dengan memberikan ritual tertentu.

Keris paling sakti di Tanah Jawa memang menarik untuk dibahas. Beda ini termasuk salah satu pusaka yang kerap digunakan oleh anggota kerajaan sebagai senjata.

Fungsi utama keris adalah sebagai senjata tradisional. Namun, pada saat ini, keris lebih berfungsi sebagai bagian atau kelengkapan pakaian adat Jawa. 

Keris juga berfungsi sebagai kerajinan tangan atau benda seni yang banyak disimpan oleh masyarakat. Bahkan ada beberapa keris yang juga dianggap paling sakti. 

Lantas, keris apa saja yang paling sakti di Tanah Jawa? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman okezone berikut ini.

Keris paling sakti di tanah jawa

5. Keris Setan Kober

Dikenal dengan sebutan Bronggot Setan Kober, keris buatan Mpu Supo Mandrangi ini dimiliki oleh Sunan Kudus. Keris ini lalu diwariskan kepada muridnya, Arya Penangsang atau Adipati Jipang Panolan.
Arya Penangsang dikenal memiliki kemampuan sakti dengan kepribadiannya yang tegas. Sementara, keris setan kober terkenal sebagai pusaka yang haus darah dan membawa hawa panas.

Dalam sejarah disebutkan, Arya Penangsang, tewas terhunus kerisnya sendiri. Hingga kini, tak ada yang tahu pasti di mana keberadaan keris pusaka sakti ini.

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini