get app
inews
Aa Read Next : Polres Tegal Kota Gelar Patroli Gabungan Skala Besar

5 Peristiwa Besar yang Terjadi di Bulan Jumadil Awal, Salah Satunya Lahirnya Cucu Rasulullah

Rabu, 21 Desember 2022 | 11:06 WIB
header img
Lima peristiwa besar yang terjadi di bulan Jumadil Awal, salah satunya lahirnya cucu Rasullah. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsTegal.id Lima peristiwa besar yang terjadi di bulan Jumadil Awal, salah satunya lahirnya cucu Rasullah. Bulan Jumadil Awal atau disebut juga sebagai Jumadil Ula (جُمَادَى الْأُوْلَى). Ini merupakan bulan kelima dalam kalender Hijriyah. 

Perestiwa besar yang terjadi di bulan Jumadil Awal akan dibahas pada artikel ini. Jika dilihat dari kalender masehi, pada tahun ini bertepatan dengan 26 November 2022.

Jumadil Ula terdiri dari dua kata yaitu Jumada berarti "Kering" dan Ula yang artinya "Pertama". Maka itu dinamakan Jumadil Ula, karena bulan ini merupakan awal musim kemarau atau periode pertama terjadinya kekeringan. 

Dikutip dari Okezone.com, Rabu (21/12/2022) terdapat berbagai rangkaian peristiwa dalam sejarah, termasuk berkaitan dengan Islam, tepatnya saat bulan Jumadil Awal. Berikut ini lima di antaranya:

Peristiwa besar yang terjadi di bulan Jumadil Awal

5. Terbentuknya Persatuan Ulama Antar-Bangsa di London

Pada 24 Jumadil Awal 1425 atau tepatnya 11 Juli 2004 terbentuk Persatuan Ulama Antar-Bangsa di London. Organisasi ini beranggotakan ulama-ulama dan pemikir Islam dari seluruh negara di dunia.

Persatuan tersebut dibentuk sebagai bagian dari sumber rujukan umat Islam dalam permasalahan fikih, ilmu, dan pengetahuan yang diketuai oleh Profesor Dr Yusuf Al-Qaradhawi.

4. Fatimah Az-Zahra meninggal dunia

Putri Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yakni Fatimah Az-Zahra meninggal dunia, tepatnya pada 13 Jumadil Awal 11 Hijriyah. Hal tersebut tentunya membuat sedih umat Islam.

Fatimah Az-Zahra sendiri adalah orang yang menyaksikan perjuangan berat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dalam berdakwah dan menyebarkan Islam kepada seluruh umat manusia agar menuju jalan yang benar.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut