get app
inews
Aa Read Next : Gegara Candaan di Media Sosial, Seorang Gadis di Tegal Dihajar Perempuan Beramai-ramai 

5 Peristiwa Besar yang Terjadi di Bulan Jumadil Awal, Salah Satunya Lahirnya Cucu Rasulullah

Rabu, 21 Desember 2022 | 11:06 WIB
header img
Lima peristiwa besar yang terjadi di bulan Jumadil Awal, salah satunya lahirnya cucu Rasullah. Foto: Istimewa.

3. Thalhah bin Ubaidillah Gugur dalam Perang

Kemudian pada 10 Jumadil Ula 36 Hijriah, sahabat Thalhah bin Ubaidillah gugur dalam Perang Jamal. Dia wafat di usia ke-64 tahun. Lalu jenazahnya dimakamkan di Bashrah.

Sementara Perang Jamal adalah pertempuran yang terjadi antara pasukan khalifah keempat Ali bin Abi Thalib (berkuasa 656–661 M) melawan pasukan yang dipimpin Aisyah, Thalhah, dan Zubair pada tahun 656 M. 

2. Cucu Rasulullah lahir

Selanjutnya pada 5 Jumadil Awal 5 Hijriah, cucu dari baginda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam lahir yaitu bernama Zainab, putri dari Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az-Zahra.

Peristiwa tersebut merupakan salah satu kejadian yang menggembirakan. Di mana Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam memiliki cucu dari putrinya yakni Fatimah Az-Zahra.

1. Raja Louis IX jadi tawanan tentara Islam

Peristiwa pertama yang pernah terjadi pada bulan Jumadil Awal yaitu tentara salib ketujuh dari Prancis di bawah pimpinan Raja Louis IX mulai bergerak ke sebelah timur. Kejadian tersebut tepatnya pada tanggal 4 Jumadil Ula 646 Hijriah.

Saat itu tentara tersebut menemui kegagalan dalam peperangan Al-Mansurah, dan Louis IX telah dijadikan tawanan oleh tentara Islam.

Nah. itulah peristiwa besar yang terjadi di bulan Jumadil Awal, salah satunya lahirnya cucu Rasullah. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca semua.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut