get app
inews
Aa
Read Next : Video Makam Ki Gede Sebayu Pendiri Tegal yang Selalu Ramai Peziarah

5 Fakta Menarik tentang Kota Tegal

Rabu, 04 Januari 2023 | 09:47 WIB
header img
Fakta menarik tentang kota Tegal. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsTegal.idLima fakta menarik tentang kota Tegal. Kota Tegal yang merupakan daerah yang ada di Jawa Tengah memang selalu menarik untuk diulas, fakta menarik kota Tegal akan dibahas pada artikel ini.

Tegal adalah salah satu kota yang merupakan cikal-bakal berdirinya Korps Marinir seperti tercatat dalam Pangkalan IV ALRI Tegal dengan nama Corps Mariniers, pada 15 November 1945. itulah salah satu fakta menarik dari Kota Tegal.

Pada masa lalu, Tegal adalah desa kecil yang terletak di tepi muara Kali Gung, dengan nama Tetegal. Tetegal merupakan bandar yang mengeluarkan hasil bumi, yang semula perairannya diatur oleh Ki Gede Sebayu saat berdiam di Danawarih. 

Karena pada saat itu daerah yang luas umumnya merupakan daerah ladang (Tetegalan), maka oleh Ki Gede Sebayu dinamakan Tegal. Versi lain mengatakan bahwa istilah Tegal berawal dari kedatangan Tome Pires, pedagang asal Portugis ke sebuah pelabuhan tua di muara Kali Gung pada abad ke-15, dimana dia menyebut pelabuhan tersebut dengan nama Teteguall.

Lantas fakta apa saja tentang kota Tegal?. Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (4/1/2023) berikut fakta menarik tentang kota Tegal.

Fakta menarik tentang kota Tegal:

1. Disebut Jepangnya Indonesia

Julukan Jepangnya Indonesia diberikan kepada Tegal lantaran sejumblah industri pengecoran dan pengerjaan logam yang sudah ada sejak tahun 1940. Industri ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan peralatan perang dari tentara Jepang.

Masyarakat Jepang setelah itu memanfaatkan keahlian yang dimiliki dengan membuaka bengkel sederhana dan juga memproduksi alat-alat pertanian, onderdil mobil dan motor hingga perhiasan. Untuk itu Tegal disebut sebagai Jepangnya Indonesia.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut