get app
inews
Aa Read Next : Video Makam Ki Gede Sebayu Pendiri Tegal yang Selalu Ramai Peziarah

5 Fakta Menarik tentang Kota Tegal

Rabu, 04 Januari 2023 | 09:47 WIB
header img
Fakta menarik tentang kota Tegal. Foto: Istimewa.

2. Enggan Disebut Bahasa Ngapak

Adanya perbedaan intonasi, pengucapan, dan makna kata menjadikan bahasa Tegal berebda dengan bahasa Banyumas. Dialek Tegal memiliki ciri khas pada pengucapan setiap frasanya, yakni apa yang terucap sama dengan yang tertulis seperti pada kata [padha] dalam dialek Tegal tetap diucapkan ‘pada’, seperti pengucapan bahasa Indonesia.

3. Sulit Mencari Warteg

Warung tegal (Warteg) yang begitu terkenal di beberapa daerah seperti Jakarta dan sekitarnya namun sulit ditemukan di Tegal. Ditegal istilah Warteg justu dikenal dengan warung nasi. 

Konon, lahirnya warteg ini dipelopori oleh tiga desa utama yaitu Desa Sidapurna, Desa Sidakaton, dan Desa Krandon. Maka, ketiga desa itu juga dinamai dengan Kampung Warteg karena sebagian besar warganya adalah pengusaha warteg yang merantau ke kota.

4. Dijuluki Kota Bahari

Kota Tegal yang berada di pesisir utara laut Jawa mendapat julukuan Kota Bahari, hal ini karena Kota ini tumbuh menjadi pusat jasa dan perdagangan. Terletak di kawasan pesisir utara, Kota Tegal kental dengan kemaritiman sehingga berjuluk Kota Bahari. 

5. Tradisi Moci yang Ada hingga sekarang

di wilayah kabupaten dan kota tegal, terdapat tradisi minum teh atau yang di kenal dengan sebutan "moci". tradisi ini dilakukan dengan cara menyeduh deh dalam poci tanah liat/gerabah dan dicampur dengan gula batu.

Nah, itulah fakta menarik tentang kota Tegal. Ada julukan Jepangnya Indonesia hingga tradisi Moci, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca semua.
 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut