Logo Network
Network

Petugas Datangi Rumah-rumah Orang Gangguan Jiwa untuk Vaksinasi

Luthfan Azka
.
Selasa, 04 Januari 2022 | 15:33 WIB
Petugas Datangi Rumah-rumah Orang Gangguan Jiwa untuk Vaksinasi
Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Brebes kini juga menyasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) (Foto: Ist)

BREBES, iNews.id - Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Brebes kini juga menyasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Vaksinasi bagi kelompok rentan seperti disabilitas dan ODGJ dilakukan secara door to door. Mengingat adanya berbagai kendala akses dan mobilitas ke luar rumah.

Petugas vaksinator mendatangi rumah dan merayu ODGJ untuk divaksin. Vaksinator Puskesmas Tanjung didampingi anggota kepolisian dan Pemerintah Desa Sengon Kecamatan Tanjung turun langsung mendatangi satu per satu rumah ODGJ yang belum divaksin. Petugas harus melakukan pendekatan terlebih dahulu agar ODGJ bersedia divaksin. 

Pantauan di lapangan, hingga pukul 11.00 WIB tadi, sedikitnya ada tujuh ODGJ yang behasil dibujuk untuk divaksin. Berbagai reaksi dari mereka juga beragam. Misalnya, ODGJ tersebut mengaku sudah divaksin, namun setelah dicek oleh petugas puskesmas ternyata belum divaksin sama sekali. 

Ada juga, ODGJ yang tidak mau ke luar rumah saat tim vaksinator dan kepolisian serta kepala desa tiba di rumah yang bersangkutan. Namun, setelah dirayu dan dilakukan pendekatan, akhirnya ODGJ tersebut bersedia untuk divaksin. Meski ada ODGJ yang sempat menolak, tetapi banyak juga ODGJ yang bersedia dan menerima untuk divaksin. 

Kepala Puskesmas Tanjung drg. Adhi Supriadi mengatakan, sedikitnya ada 145 ODGJ di wilayah kerja Puskesmas Tanjung. Sekitar 80 orang diantaranya sudah divaksinasi. 

"Sisanya (65 ODGJ) akan kita lakukan door to door ke rumah masing-masing untuk bisa divaksin dalam waktu satu minggu ini," ungkapnya, Selasa (4/1/2021). 

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.