Logo Network
Network

120 Peserta Ramaikan Tegal Pesisir Karnaval

Nino
.
Minggu, 30 April 2023 | 01:18 WIB
120 Peserta Ramaikan Tegal Pesisir Karnaval
120 peserta ikuti ajang Tegal Pesisir Karnaval 2023. (Foto: Nino Moebi/iNewsTegal.id).

KOTA TEGAL, iNewsTegal.id - Sebanyak 120 peserta mengikuti Tegal Pesisir Karnaval yang berlangsung Sabtu (29/4/2023) malam.

Sejak pukul 14.30 ratusan peserta sudah menyiapkan diri di Gedung DPRD Jalan Pemuda Kota Tegal. Tegal pesisir karnaval tahun ini dimeriahkan oleh 120 peserta, didukung dari 35 peserta berasal dari SMA/SMK, Perguruan Tinggi, 85 peserta dari komunitas, instansi dan umum.

Peserta pesisir karnaval dengan rute awal dari gedung DPRD Kota Tegal sekira pukul 19.30 dan finish di depan waterleiding Jalan Pancasila Kota Tegal.

"Event ini juga melibatkan lebih dari 300 UMKM disepanjang rute karnaval, dengan target pengunjung lebih dari 10.000 masyarakat dari wilayah Tegal, Brebes, Slawi, Pemalang, dan Pekalongan serta para wisatawan/pemudik," kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Tegal Dr Drs Irkar Yuswan Apandi MM Sabtu (29/4/2023) malam.

Irkar menjelaskan, penyelenggaraan Tegal Pesisir Karnaval yang ke sembilan sebagai salah satu rangkaian kegiatan hari jadi Kota Tegal ke 443 Tahun 2023 Tegal Pesisir Karnaval Tahun 2023 adalah sebuah event tahunan dalam ajang seni karnaval tata busana dan telah teragendakan pada Calender of Event Jawa Tengah Tahun 2023.

"Event ini diselenggarakan dalam rangka mendukung pemenuhan target pergerakan wisatawan nusantara melalui implementasi program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) sekaligus memeriahkan Hari Jadi ke-443 Kota Tegal Tahun 2023," terang Irkar.

Dengan mengangkat tema 'Spirit of Java' dipilih untuk mengangkat gambaran kekayaan budaya jawa yang sarat filosofi dalam kehidupan manusia.

"Karnaval ini menampilkan kostum dan busana yang mengambil salah satu ciri budaya jawa baik tradisi, kesenian, musik, adat istiadat, foklor, wayang, dan sebagainya," terang Irkar.

Tujuan diselenggarakannya tegal pesisir karnaval adalah mendukung terciptanya Kota Tegal sebagai kota event membangun citra positif pariwisata indonesia, khususnya di Kota Tegal.

"Dan menjadi salah satu magnet pariwisata Kota Tegal. menumbuhkembangkan potensi ekonomi kreatif daerah dengan melibatkan Sumber Daya Manusia (SDM) ekonomi kreatif di Kota Tegal," pungkas Irkar.

Tegal Pesisir Karnaval 2023, dibuka oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriono pukul 22.00 didukung oleh Garuda Marching Band, Big Name Band dikemas Cresindo Event Organizer.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Bagikan Artikel Ini