Logo Network
Network

32 Biksu Ritual Thudong Disambut Barongsai dan Bermalam di Klenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal

Nino Moebi
.
Selasa, 23 Mei 2023 | 20:14 WIB
32 Biksu Ritual Thudong Disambut Barongsai dan Bermalam di Klenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal
Puluhan Banthe memasuki Klenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal disambut Barongsai. (Foto: Nino/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNewsTegal.id - Sebanyak 32 Biksu atau Bhante yang menjalani Ritual Thudong di sambut Barongsai dan petasan. Banthe juga bermalam di Klenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal, Selasa (23/5/2023).

Puluhan biksu masuk halaman Klenteng Tek Hay Kiong sekira pukul 16.1O. Barisan terdepan Bhante senior Yoe Ta Na (79) diikuti puluhan banthe.

Puluhan Banthe sejak memasuki Kota Tegal menjadi perhatian sepanjang perjalanan hingga memasuki Klenteng Tek Hay Kiong Jalan Gurame Kota Tegal.

Saat memasuki Klenteng Tek Hay Kiong, para banthe langsung naik ke lantai atas untuk membersihkan diri.

Ketua Yayasan Tri Dharma Tegal, Lo Han Kwee atau Gunawan Ho, selaku tuan rumah merasa bahagia dan berterimakasih banthe yang melakukan perjalanan ritual Thudong mau mampir di Tri Dharma Kota Tegal.

"Suatu kehormatan bagi kita, berkah buat kita. Malam ini ada acara ritual sangga puja, sangga dana. Acara mempersembahkan perlengkapan yang diperlukan seperti mandi dan obat-obtan," kata Gunawan.

Menurut rencana, besok pagi sekira pukul 05.00 para Banthe akan meninggalkan Kota Tegal menuju Purwahamba Kabupaten Tegal.

Pihaknya telah mempersiapkan diri menyambut kedatangan ke 32 Bhante yang melakukan perjalanan ritual Thudong menuju Candi Borobudur Kabupaten Magelang untuk mengikuti perayaan Hari Waisak 2567 BE/2023 M yang jatuh pada tanggal 4 Juni 2023 mendatang.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Bagikan Artikel Ini