get app
inews
Aa Read Next : Pendataan QR Code Pertalite di Jateng dan DIY Diperluas

Pegiat Literasi Usulkan Layanan Baca di Sekitar Gedung DPRD Kota Tegal

Minggu, 17 September 2023 | 00:32 WIB
header img
Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro, Dr Yusqon didampingi Drs Nurcahyono M.Si berada di Perpusnas RI. (Foto: dok/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNews.id - Para pegiat literasi dan Komunitas Balai Kota Lawas (Balwas) Kota Tegal, Jawa Tengah mengusulkan layanan baca di sekitar gedung DPRD Kota Tegal.

Dalam kaitan tersebut, Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro ST bersama pegiat literasi Kota Tegal, Dr Yusqon melakukan kunjungan ke Perpustakan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) Sabtu (16/9/2023).

Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro menyampaikan, kunjungan ke Perpustakan Nasional RI dalam rangka pengembangan literasi minat baca masyarakat. "Kedepan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Tegal harus lebih ditingkatkan kinerjanya tentu harapannya juga anggaran untuk Arpusda lebih meningkat lagi," kata Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro, Sabtu (16/9/2023).

Terpisah pegiat dan tokoh literasi Kota Tegal, Dr Yusqon menyampaikan, kunjungan ke Perpustakan Nasional kaitannya dengan penatakelolaan perpustakaan dan taman baca dalam meningkatkan literasi masyarakat.

"Kami didampingi Kepala Pengembangan Pendidikan SMA/SMK/MAN dan Peruguruan Tinggi Perpusnas RI, Drs Nurcahyono M.Si melihat dilantai 24 Perpusnas nerisi gambar dan karya buku 7 presiden RI. Di lantai 22 kami melihat karya buku berbagai daerah, termasuk Jawa Tengah," ujar Yusqon.

Di lantai 9, ada naskah kuno Nusantara termasuk juga daerah Tegal yang ditulis abad 13. "Ada layanan pembuatan kartu Perpusnas Pusat kami membuat kartu dan hanya 3 menit jadi," ungkap Yusqon.

"Sebagai pegiat literasi saya sangat mengapresiasi kehadiran Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro di Perpusnas. Karena peran beliau akan berdampak positif terhadap pengembangan literasi di Kota Tegal. Sinergi antara eksekutif dan legislatif dalam meningkatkan indeks baca di Kota Tegal," tutup Yusqon.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut