get app
inews
Aa Read Next : PSHT Kota Tegal Deklarasi Dukungan Untuk Ahmad Luthfi Sebagai Calon Gubernur Jateng

Pendaftaran Sertifikasi Halal UMKM Capai 18.501 Pengajuan

Senin, 25 September 2023 | 01:35 WIB
header img
Kepala KPw Bank Indonesia Tegal Mawardi menyerahkan sertifikat halal kepada pelaku UMKM. (Foto: Nino/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNews.id - Pengajuan pendaftaran sertifikasi halal UMKM di wilayah Eks Karisidenan Pekalongan di Tahun 2023 mencapai 18.501 pengajuan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal, Marwadi menyampaikan, UMKM di wilayah kerja KPw BI Tegal (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, Kebupaten Pemalang, dan Kabupaten Brebes) mengalami peningkatan cukup signifikan pengajuan pendaftaran sertifikasi halal, di Tahun 2022 hanya terdapat 2.726 sedangkan di Tahun 2023 terdapat 18.501 pengajuan pendaftaran sertifikasi halal UMKM.

Dijelaskan, dalam rangka meningkatkan awareness (kesadaran) dan engagement (pertunangan) masyarakat terhadap ekonomi syariah, KPw BI Tegal menyelenggarakan Road to Festival Ekonomi Syariah (FESyar) di Rita Mall, mulai 22-24 September 2023.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan menuju Fesyar Jawa yang akan diselenggarakan di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya pada tanggal 29 September sampai dengan 1 Oktober 2023 mendatang," kata Marwadi.

Road to Fesyar merupakan bentuk dukungan Bank Indonesia terhadap visi Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dunia yang mengangkat tema Halal Lifestyle Mendukung Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Karesidenan Pekalongan.

Tema tersebut dipilih karena melihat halal lifestyle atau gaya hidup halal semakin populer di masyarakat dengan mengkonsumsi dan menggunakan produk yang sudah terbukti halal berimbas pada kemajuan sektor ekonomi dan keuangan syariah.

Kegiatan Road to Fesyar KPwBI Tegal tahun ini, terdapat beberapa kompetisi antara lain barista battle, cupping coffee, islamic voice competition, konten ekonomi syariah, dakwah ekonomi syariah antar pesantren.

Pada opening ceremony menghadirkan rashion show muslim menggunakan batik wastra nusantara dari 6 designer lokal mitra binaan KPwBI Tegal. "Selain itu kami juga menyelenggarakan talkshow," ujarnya.

Pada kegiatan juga terdapat business matching pembiayaan syariah, sedangkan Pameran UMKM menghadirkan 30 UMKM mitra binaaan KPwBI Tegal, Perbankan Syariah, BPJS Ketenagakerjaan dan DPMPTSP Kota Tegal.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut