get app
inews
Aa Read Next : Santunan Anak Yatim Warnai Pelantikan DPC 234 SC Kota Tegal

Cucu dan Cicit RA Kardinah Hadiri Upacara HUT Ke 96 RSUD Kardinah Kota Tegal

Jum'at, 03 November 2023 | 08:16 WIB
header img
Wali Kota Tegal, Dedy Yon didampingi Sekda yang juga Direktur RSUD Kardinah drg Agus melepas balon udara. (Foto: Nino/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNews.id - Dua orang keluarga cucu dan cicit Almarhumah Kardinah, RA Mimi Asriningtyas dan Raden Gurendro ikut menghadiri upacara HUT Ke 96 RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kardinah Kota Tegal, Kamis (2/11/2023).

Sekda Kota Tegal yang juga Direktur RSUD Kardinah drg Agus Dwi Sulistyantono MM saat apel bersama menyampaikan, RSUD Kardinah merupakan rumah sakit milik Pemerintah Kota Tegal.

Pendirian rumah sakit ini tidak lepas dari jasa Raden Ajeng Kardinah adik kandung dari Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia RA Kartini yang menikah dengan RM Reksonegoro ke-10 setelah menjabat sebagai Bupati Tegal pada tahun 1908 hingga 1929.

Pada masa awal menjadi istri Bupati di Tegal, RA Kardinah mempelopori lahirnya Sekolah Kepandaian Putri Wisma Pranowo yang saat ini menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Tegal (SMKN) 1 Kota Tegal dengan tujuan untuk mengajari dan mendidik putra-putri pribumi Tegal.

Salahsatu yang dihasilkan beliau adalah membatik, bahkan batik corak Tegalan merupakan teknik yang diajarkan dari beliau.

Pada 2 November 1927, RA Kardinah berinisiatif mendirikan Balai Pengobatan yang bertujuan untuk memberikan bantuan pengobatan kepada rakyat yang kurang mampu dengan modal awal 16.000 gulden, hasil penjualan buku karangan beliau yang berjudul ‘Cara Membatik’ ditambah bantuan dari Residen Pekalongan dan uang hasil kompensasi atas Sekolah Keputrian Wismo Pranowo yang diambil alih oleh Belanda pada Tahun 1971.

Setelah RA Kardinah wafat, Balai Pengobatan yang sudah mengalami berbagai peningkatan sarana dan prasarana diserahkan kepada Pemerintah Daerah Tingkat II Kota Madya Tegal.

Untuk mengenang jasa dan sumbangsih beliau yang begitu besar, maka namanya diabadikan sebagai nama rumah sakit tersebut yang kita kenal sekarang sebagai Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Tegal. Kemudian berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 440/110 Tahun 2013 tanggal 23 Agustus 2013 RSUD Kardinah ditetapkan sebagai salah satu rumah sakit rujukan regional Provinsi Jawa Tengah di wilayah Barat atau lebih dikenal sebagai rumah sakit rujukan di wilayah Pantura Barat.

Selanjutnya melalui upaya dan komitmen bersama jajaran manajemen serta medis paramedis dan seluruh karyawan serta dukungan penuh dari Pemerintah Kota Tegal sampai saat ini telah berhasil memperoleh pengakuan sertifikat akreditasi Rumah Sakit Tingkat Paripurna sejak 2019 sampai dengan sekarang.

"Berdasarkan dengan kegiatan pentahapan yang dilakukan pada tanggal 20 Mei 2023 dan Fokus Grup kedua tanggal 24 Juni 2023 yang kemudian telah ditetapkan melalui Keputusan Walikota Tegal Nomor 445/072.1 dari 2023 tanggal 4 Juli 2023 bahwa Hari Jadi RSUD Kardinah berdasarkan tanggal peresmian tersebut yakni pada 2 November 1927, sehingga setiap tanggal 2 November kita peringati bersama sebagai Hari Ulang Tahun RSUD Kardinah," kata drg Agus.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengucapkan selamat Hari Jadi ke-96 RSUD Kardinah Kota Tegal kepada jajaran Direksi, Pejabat Struktural Fungsional dan segenap karyawan-karyawati. "Hari ini kita bersama-sama menorehkan tinta emas sejarah RSUD Kardinah dan Kota Tegal, karena pada hari ini kita pertama kalinya melaksanakan apel dan memperingati hari lahir yang sudah berusia 96 tahun. Baru saat kepemimpinan bapak drg Agus Sulistyantono hari ini kita peringati bersama," terangnya.

Dijelaskan melalui proses yang panjang, akhirnya tanggal berdirinya RSUD Kardinah dapat ditentukan secara resmi. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan berpartisipasi aktif dalam proses penentuan tanggal berdirinya sehingga resmi diperingati kita bersama.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan balon oleh Wali Kota Tegal dilanjutkan penyerahan doorpize oleh Panitia HUT ke-96 RSUD Kardinah Kota Tegal.

Hadir pada kesempatan tersebut, Staf Ahli dan Asisten Pemkot, para OPD dilingkungan Pemkot Tegal, Camat se-Kota Tegal, Lurah se-Kota Tegal, Budayawan Tegal, Ketua FKUB Kota Tegal, serta keluarga besar RSUD Kardinah Kota Tegal.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut