Logo Network
Network

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal Raih Penghargaan Kementerian Perindustrian

Nino Moebi
.
Jum'at, 01 Desember 2023 | 23:03 WIB
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal Raih Penghargaan Kementerian Perindustrian
KPw Bank Indonesia Tegal, Marwadi menerima penghargaan. (Foto: Dok/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNews.id - Pada Forum Koordinasi Kemitraan Industri Kecil Menengah (IKM) Alat Angkut dengan Industri Besar yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal menerima penghargaan dan apresiasi atas peran aktifnya dalam mendukung industri kecil dan menengah (IKM) di bidang alat angkut pada Rabu (29/11/2023) lalu.

"Direktur Jenderal IKM dan Aneka Kemenperin, Reni Yanita, menyampaikan apresiasi kepada KPw BI Tegal dalam kegiatan Forum Koordinasi Link and Match yang rutin diadakan sejak Tahun 2017," kata Kepala KPw BI Tegal, Marwadi Jumat (1/12/2023).

Acara tersebut kata Marwadi dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), PT Astra Daihatsu Motor, PT Kayaba Indonesia, PT Patria Maritim Perkasa, serta berbagai pemangku kepentingan dari industri alat angkut di Indonesia. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan terhadap kontribusi positif KPw BI Tegal dalam memfasilitasi dan mendampingi Koperasi Tegal Manufaktur Indonesia (TMI) Tegal.

"Saat ini, Koperasi IKM logam Tegal melalui Koperasi Tegal Manufaktur Indonesia (TMI) mendapatkan pesanan untuk dapat memenuhi permintaan komponen otomotif motor listrik maupun komponen lain dari perusahaan seperti PT Circaelectric, PT Triangle Motorindo (Viar) dan PT PLN Pusharlis, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Namun demikian, terdapat tantangan yang dihadapi IKM, dari sisi produksi terdapat permasalahan keterbatasan kapasitas produksi serta proses mempertahankan kualitas produk," ujar Marwadi.

Dari sisi keuangan seperti biaya investasi alat, sertifikasi dan peningkatan keahlian pekerja. Kebutuhan biaya yang besar berdampak kepada kesulitan akses pembiayaan karena tidak bisa mendapatkan kredit program biaya rendah serta membutuhkan agunan fisik. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperluas akses pembiayaan yang kemudian dimanfaatkan oleh IKM untuk melakukan restrukturisasi mesin.

"KPw BI Tegal menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan sektor IKM di wilayahnya," terangnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Marwadi, menyatakan sangat bersyukur atas penghargaan ini, yang merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi yang erat dengan semua pihak terkait. "Kami berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan IKM dan berperan aktif dalam mewujudkan kesejahteraan ekonomi di wilayah Eks-Karesidenan Pekalongan. Harapan kami adalah hubungan yang baik dengan pemerintah maupun pelaku industri akan terus berlanjut dalam menciptakan sinergi positif untuk mendukung kemajuan sektor IKM di masa depan,” pungkas Marwadi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.