get app
inews
Aa Read Next : Begini Respons Kapolres Tegal Kota soal Perjudian dan Warung Aceh

Dua Warga Tegal Tewas Hendak Kuras Sumur

Jum'at, 16 Februari 2024 | 02:53 WIB
header img
Tim SAR gabungan evakuasi dua korban dalam sumur dengan keadaan meninggal dunia. (Foto: Istimewa)

KABUPATEN TEGAL, iNews.id - Taryono (50) dan Jajuli (55) keduanya warga Kertaharja RT 07 RW 03 Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal meninggal dunia saat menguras sumur.

Dua korban tersebut dievakuasi oleh Tim SAR gabungan saat dalam keadaan meninggal dunia, Kamis (15/02/24).

Kepala Kantor SAR Semarang Budiono menceritakan kronologi kejadian. Papa Kamis (15/02/24) sekitar pukul 08.00 WIB korban Taryono hendak menguras sumur dengan menggunakan pompa air.

Saat itu Taryono meminta bantuan Jajuli untuk menguras sumurnya. Ketika Taryono turun, ditengah proses turunnya tiba-tiba korban mengalami sesak nafas dan akhirnya terjatuh. Saat itu Jajuli berusaha menolong tetapi mengalami hal yang alami sesak napas dan akhirnya terjatuh.

"Diduga sumur mengandung gas beracun, sehingga saat Pak Taryono turun, ia menghirup racun, sesak nafas, lemas dan terjatuh. Demikian juga dengan Pak Jajuli yang hendak menolong mengalami nasib yang sama alami sesak nafas dan terjatuh," ujar Budiono.

Pertolongan tim SAR gabungan dengan metode lowering 1 rescuer turun dengan tali disertai alat bantu nafas Self Contained Breating Apparatus (SCBA) untuk mengikat tubuh korban. Selanjutnya korban ditarik keatas dengan sistem lifting.

Pukul 12.45 WIB tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi dua survivor dalam keadaan meninggal dunia. Selanjutnya korban dibawa ke rumah duka.

Dengan berhasilnya evakuasi maka operasi SAR dinyatakan selesai tim yang terlibat kembali kesatuannya masing- masing.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut