get app
inews
Aa Read Next : Viral, Aksi Heroik Anggota TNI yang Pecahkan Kaca Mobil Untuk Selamatkan Bayi

Bolehkah Kerok Bayi Pakai Bawang, Ini Penjelasan Ahli

Selasa, 05 Maret 2024 | 19:18 WIB
header img
Salah satu pengobatan tradisional yang masih banyak dilakukan oleh masyarakat adalah kerokan untuk bayi menggunakan bawang merah.(Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsTegal.id - Salah satu pengobatan tradisional yang masih banyak dilakukan oleh masyarakat adalah kerokan untuk bayi menggunakan bawang merah.

Apakah ini aman atau justru berbahaya yah? Dokter spesialis anak, Dr dokter Fitri Hartanto, Sp.A(K) menjelaskan pengobatan tradisional di Indonesia sudah ada kajian ilmiahnya, termasuk pemberian bawang merah pada tubuh anak saat sakit. Ia menyebut, bawang merah bisa membuat dilatasi saluran peredaran darah. Begitu juga dengan dikerok, bisa memperlebar saluran peredaran darah.

“Hanya sepertinya kalau kerokan itu kita lakukan pada anak tentu akan menyakitkan karena memberikan penekanan yang tidak gentle, sehingga justru akan menghambat keluarnya hormon endorfin atau hormon bahagia. Nggak ada anak yang dikerok senyum-senyum,” papar dr Fitri dalam Webinar bersama Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (PP IDAI), Selasa (5/3/2024). 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut