get app
inews
Aa Read Next : KPw Bank Indonesia Tegal Raih Penghargaan Pengembangan Literasi

Andi Surali Terpilih Ketua Dewan Kesenian Kota Tegal

Sabtu, 09 Maret 2024 | 17:22 WIB
header img
Andi Surali disela Musda Dewan Kesenian Kota Tegal, Sabtu (9/3/2024). (Foto: Nino/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNews.id - Andi Surali Kustomo akhirnya terpilih menjadi Ketua Dewan Kesenian Kota Tegal Jawa Tengah periode 2024-2027 menggantikan Yono Daryono yang habis masa jabatannya.

Andi terpilih melalui voting pada Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Kesenian Kota Tegal yang berlangsung di ruang Paripurna DPRD Kota Tegal, Sabtu (9/3/2023).

Dalam voting Andi Surali mendapatkan 50 suara. Sedangkan dua pesaingnya Wowok Legowo mendapat 10 suara dan Erwindo memperoleh 4 suara.

Dewan Kesenian Kota Tegal memberi kesempatan kepada Pemerintah Kota Tegal untuk investasi kesenian kepada masyarakat. "Sedangkan yang mengelola dan medesain itu Dewan Kesenian," kata Andi Surali di sela Musda.

Andi menjelaskan, anggaran dari Pemerintah Kota Tegal itu untuk publik makanya harus transparansi. Pertanyannya kata Andi parameternya apa. "Parameternya adalah sejauh mana anggaran yang digelontorkan Pemerintah Kota Tegal melalui Dewan Kesenian dinikmati oleh masyarakat," terang Andi.

Dewan Kesenian itu wadah untuk menyalurkan aspirasi kesenian yang kemudian dimunculkan dalam berbagai kegiatan. Dengan demikian menurut Andi Pemerintah Kota Tegal diuntungkan karena tidak repot.

Nantinya Dewan Kesenian akan sinergi dan berkoordinasi dengan Dinas terkait. Kegiatan mana saja yang masuk ke Dewan Kesenian maupun yang masuk ke dinas. Hal itu untuk menghindari kegiatan yang sama tapi dilaksanakan oleh Dewan Kesenian juga oleh dinas.

"Untuk kepengurusannya nanti lebih banyak menghitung kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat," ucap Andi.

Menurut Andi saat ini kegiatan Dewan Kesenian Kota Tegal kurang menyentuh masyarakat dan kurang maksimal. "Jangan sampai kita mengadakan kegiatan mahal yang nonton sedikit. Makanya harus ada parameter. Nanti kajian itu lagi kita lakukan," tutup Andi.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut