get app
inews
Aa Read Next : Menolak Dikirim ke Medan Perang Lawan Ukraina, 115 Tentara Rusia Dipecat

Senjata yang Dipasok Negara-Negara Barat ke Ukraina Diduga Berakhir di Tangan Teroris

Senin, 16 Mei 2022 | 16:41 WIB
header img
Senjata Bantuan AS Bakal Banjiri Ukraina. (Infografis: iNews.id).

MOSKOW, iNews.id – Senjata yang dipasok negara-negara Barat ke Ukraina diduga berakhir di tangan para teroris atau mengarah pada munculnya organisasi teroris baru. 

“Senjata Amerika yang saat ini dipasok ke Ukraina kemungkinan besar akan diselundupkan ke para ekstremis, baik di Ukraina atau di luar Ukraina, atau ke kelompok teroris, termasuk ISIS untuk mempersenjatai mereka atau menciptakan organisasi baru dengan nama lain,” kata pakar keamanan Irak, Akila al-Taya, kepada kantor berita Sputnik, Minggu (15/5/2022). 

Al-Taya pun mengutip peristiwa pada 2014 sebagai contoh. ISIS yang ketika itu telah merebut kota-kota di Irak bagian utara dan barat, mengambil alih sejumlah besar peralatan militer Amerika Serikat dan senjata yang tersisa di berbagai pangkalan militer. 

Pakar militer Irak lainnya, Jalil Khalaf mengatakan, senjata yang dipasok AS ke Ukraina jelas menimbulkan bahaya bagi seluruh dunia. 

“Amerika telah mengirim banyak senjata dan orang-orang yang disebut sukarelawan neo-Nazi ke Ukraina,” katanya.  “Fakta ini menjadi bahaya besar tidak hanya untuk negara-negara ini, tetapi juga untuk seluruh dunia, karena tidak ada yang mengesampingkan bahwa senjata ini dapat bermuara ke ekstremis atau bahkan ISIS,” ujar Khalaf. 

Rusia meluncurkan operasi militer khusus di Ukraina pada 24 Februari, setelah Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk (DPR dan LPR) meminta bantuan untuk membela diri dari provokasi pasukan Kiev. DPR dan LPR adalah dua wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina. 

Rusia mengklaim, tujuan dari operasi khususnya adalah untuk demiliterisasi dan “denazifikasi” Ukraina. Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya berlomba-lomba memberikan bantuan keuangan dan senjata kepada Kiev. Sementara pada saat yang sama, mereka memberikan tekanan ekonomi pada Moskow. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut