get app
inews
Aa Read Next : Catat! 1 Juni Mendatang Film Mbutik Karya Sutradara Brebes Rizal Wimba Tayang di CGV Transmart Tegal

Waduh! 84 Sapi Terserang Wabah PMK di Brebes, 7 Diantaranya Positif

Rabu, 25 Mei 2022 | 11:30 WIB
header img
Petugas saat memeriksa ternak Sapi. (Foto:Petra Akbar)

BREBES, iNews.id - Data dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) mencatat, 84 Sapi terserang Penyakit Kuku Menular (PMK). Dari jumlah tersebut, 7 diantaranya bahkan positif dan lainnya hanya gejala.

Temuan tersebut, merupakan hasil sampling dari sepuluh sapi yang dilakukan uji lab Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kota bawang. Bahkan, 67 sapi lainnya diduga suspect karena mengalami gejala klinis yang mengarah PMK.

Mendapati hal tersebut, semua sapi yang terkonfirmasi positif PMK dilakukan karantina di kandang terpisah. Termasuk, 67 sapi suspect yang tersebar di enam kecamatan hingga dua pekan mendatang dalam pantauan tim DPKH.

Kepala DPKH Brebes Ismu Subroto mengungkapkan, berdasarkan hasil uji laboratorium Balai Besar Veteriner terbagi menjadi dua pengiriman sample. Pertama, pengiriman 10 sample pada Kamis (19/5/2022) lalu dan hasilnya tujuh sapi terkonfirmasi positif PMK dan tiga lainnya negatif. 

Kemudian, 67 lainnya baru dikirim Senin (23/5/2022) kemarin dan sambil menunggu hasil lab dilakukan karantina. Sebab, 67 sapi suspect mengalami gejala klinis yang mengarah PMK. Yakni, sariawan atau pecah-pecah pada bagian lidah sehingga membuat nafsu makan hewan ternak berkurang. Selain itu, pada bagian kuku terlihat luka sayatan akibat infeksi penyakit membuat kaki ternak tak kuat menopang tubuh hewan.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut