get app
inews
Aa Read Next : Catat! 1 Juni Mendatang Film Mbutik Karya Sutradara Brebes Rizal Wimba Tayang di CGV Transmart Tegal

Waduh! 84 Sapi Terserang Wabah PMK di Brebes, 7 Diantaranya Positif

Rabu, 25 Mei 2022 | 11:30 WIB
header img
Petugas saat memeriksa ternak Sapi. (Foto:Petra Akbar)

"Untuk tujuh sapi yang positif PMK, semuanya dibeli dari Purwodadi dan sejumlah daerah di Jawa Timur. Sedangkan, sapi yang suspect sebagian milik warga sebagian dari luar daerah juga," ujarnya saat dikonfirmasi, (25/05/2022).

Sebaran 67 sapi suspect PMK, lanjut Ismu, merupakan hasil update lapangan terakhir pada Senin (23/5/2022) lalu. Bahkan, semua samplingnya sudah dikirim ke Lab BBVET untuk dilakukan uji laboratorium. Rinciannya, Kecamatan Salem sebanyak 17 kasus, Brebes 20 kasus, Bulakamba 12 kasus. Selanjutnya, Kecamatan Ketanggungan 4 kasus, Tonjong 10 kasus, dan Bantarkawung 14 kasus. Selain itu, tercatat lima sapi ternak yang sudah dinyatakan sembuh dari indikasi gejala PMK. Namun, pengawasan ketat dan karantina bagi sapi suspect dipastikan tetap berlanjut hingga kondisinya pulih dan normal.

Sementara itu, Kabid Keswan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Budi Santosa menambahkan, sebagai upaya pencegahan dan antisipasi penularan PMK sambil menunggu hasil uji lab BBVET. Pihaknya mengaku, sudah berkoordinasi dengan seluruh penyuluh dan pengawas ternak serta peternak. Hasilnya, semua sepakat untuk menutup semua pasar hewan sementara selama dua pekan ke depan. Tujuannya, akan dilakukan sterilisasi kandang secara rutin hingga pengobatan ternak. Dengan begitu, potensi penyebaran virus dan PMK bisa lebih diminimalisir serta semua hewan ternak bisa sehat.

"Bagi peternak yang mengeluhkan kondisi kesehatan hewan ternak, bisa segera lapor jika ada indikasi atau gejala klinis. Sehingga, langkah karantina dan antisipasi bisa dimaksimalkan," tandasnya. 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut