Logo Network
Network

Sensasi Ponggol Setan Tegal, Rasanya Bikin Mata Melotot

Miftahudin
.
Kamis, 09 Desember 2021 | 17:10 WIB

KOTA TEGAL, iNews.id - Bagi anda pencinta kuliner dan yang menyukai makanan pedas, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Kota Tegal yang satu ini. Ya, namanya ponggol setan.

Dari namanya saja, membuat orang penasaran dan ingin mencobanya. Namun tahukah anda berbahan apa makanan yang satu ini. 

Meski terlihat sederhana, makanan yang berbahan dan terbuat dari tempe yang dipotong-potong dadu atau kotak-kotak rasanya lain dari pada umumnya. Jika biasanya di daerah lain menyebutnya tempe oreg, namun di Kota Tegal biasanya warga menyebutnya dengan ponggol.

Cara membuatnyapun sangatlah mudah, tempe yang sudah dipotong kotak-kotak kemudian di olah dengan diberi bumbu, cabe merah yang dihaluskan, gula merah, bawang merah, kemiri dan ketumbar serta di beri irisan tomat. Lalu diaduk dan ditumis hingga matang.

Biasanya setelah matang disajikan bersama nasi panas dan diberi tambahan lauk telur balado atau ikan pindang. Namun, di beberapa tempat, Ponggol Setan dijual dengan lauk berupa mi bihun, rebung, dan oreg tempe. Lauk dalam Ponggol Setan ini disajikan dengan rasa pedas."Saya suka sekali sensasi pedasnya, apalagi kemasan bungkusanya menggunakan daun pisang," ucap Danie pengunjung asal Cirebon.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Bagikan Artikel Ini