Ratusan Nelayan Kota Tegal Gerudug Kantor PPP Jongor Tolak PIT

Nino Moebi
Sejumlah masa nelayan Kota Tegal menggelar aksi tolak PIT. (Foto: Nino/iNewsTegal.id)

KOTA TEGAL, iNews.id - Sedikitnya 200 pemilik kapal Kota Tegal Jawa Tengah gerudug Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Jongor Tegalsari, Kota Tegal menolak kebijakan atas Penangkapan Ikan Terukur (PIT), Rabu (4/9/2024).

Ratusan massa nelayan Kota Tegal tiba-tiba merangsek saat acara diskusi Focus Group Discussion (FGD) di Aula yang sedang berlangsung di PPP Jongor. Tak pelak para narasumber dan peserta diskusi tak bisa berbuat banyak saat masa merangsek masuk dengan membawa poster berbagai tulisan menolak PIT.

Perwakilan pemilik kapal nelayan Kota Tegal, Tegar Prasetyo menuntut sistim PIT dibatalkan. Alasannya sistim PIT tidak memihak terhadap nelayan. Sebaliknya PIT menyusahkan nelayan.

"PIT bisa menjadikan KKN. Sebab diadakan sistim kuota dimana orang yang bermodal besar terutama investor asing bisa membeli kuota atau sistem jual beli kuota secara ilegal," ucap Tegar.

Tegar minta zonasi dibebaskan, minimal berdampingan antara 711 dan 712. Tuntutan kedua masalah BBM agar ada harga khusus untuk nelayan, diantara harga Rp 8 ribu -Rp ribu. Selanjutnya Tegar minta supaya sangsi denda dihapuskan. "Karena denda 1.000 persen itu sangat memberatkan, mencekik nelayan. Kami nelayan Kota Tegal dan sekitarnya menolak PIT," pekik Tegar.

Kepala Kantor PPP Jongor Kota Tegal, Tuti Suprianti menyampaikan, sebenarnya kegiatan ini dari Biro Isda Provinsi Jawa Tengah terkait berkelanjutan dari PIT. Hal tersebut kata Tuti memang merupakan yang riskan karena tuntutan dari nelayan belum klop dengan kebijakan dari Kementrian Kelautan. "Kami hanya kebetulan ketempatan lokasinya di PPP Jongor," ujarnya.

Menurut Tuti aspirasi nelayan tersebut sudah lama sampaikan tetapi, dari pemerintah pusat belum ada tindak lanjut atas tuntutan mereka. "Itu mungkin pemicu. Kami tidak menyangka ada aksi ini. Karena pembahasannya terkait PIT yang salahsatu narasumber dari Staf Kementrian Kelautan. Jadi mereka spontan," ucap Tuti.

Hal senada disampaikan dari Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah, Fendiawan Isiantoro mengaku kaget kedatangan ratusan massa yang tiba-tiba datang saat berlangsung acara FGD.

Merespon aksi massa kata Fendiawan tidak apa-apa meskipun merasa kaget. "Kita terima keluhan mereka dan mudah-mudahan cepat direspon pemerintah agar para nelayan bisa melaut," tutup Fendiawan.

Aksi massa nelayan mereda dan membubarkan diri dengan tertib setelah ditemui oleh Kepala Kantor PPP Jongor Kota Tegal, Tuti Suprianti bersama Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah, Fendiawan Isiantoro. Sepanjang aksi masa nelayan mendapat pengawalan dari jajaran Polres Tegal Kota.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network