get app
inews
Aa Read Next : Ridwan Kamil beri Pesan Menohok Untuk Baim Wong Soal CFW

Lukisan Karya Warga Sumedang 'Penantian Kang Emil' di Borong Rp10 Juta

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:20 WIB
header img
Kang Emil ini membeli lukisan berukuran 70x100 meter, karya Ucok Bastian, warga Dusun Kojengkang Desa Licin Kecamatan Cimalaka, Sumedang, seharga Rp 10 juta. (Foto: Dok.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kang Emil ini membeli lukisan berukuran 70x100 meter, karya Ucok Bastian, warga Dusun Kojengkang Desa Licin Kecamatan Cimalaka, Sumedang, seharga Rp 10 juta.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membeli lukisan berjudul 'Penantian Kang Emil' yang di pamerkan di Gedung Sumedang Creative Center, Senin (20/6/2022).

Lukisan itu bergambar Ridwan Kamil, istri, dan putrinya, di pinggir Sungai Aare di Kota Bern, Swis, saat musibah tenggelamnya putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz.

"Lukisannya dibeli Pak RK, Rp 10 juta. Saya tidak patok harga, tapi Pak RK yang langsung mau beli segitu," kata Ucok, sambil berkaca-kaca, dikutip situs resmi Pemkab Sumedang, Selasa (21/6/2022).

Ucok tidak menyangka lukisan yang dibuatnya dibeli langsung oleh gubernur. Ia mengatakan, melukis gambar tersebut sebagai bentuk rasa empati terhadap Ridwan Kamil atas insiden tenggelamnya Eril.

"Saya lihat fotonya dari internet. Setelah jadi dipajang di sini (SCC), sama sekali tidak menyangka pak gubernur beli lukisan saya," ujarnya.

Menurutnya, selama puluhan tahun menjadi seniman, rata-rata lukisannya terjual seharga Rp 500 ribu. Dia pun mengaku terharu setelah lukisan 'Penantian Kang Emil' dibeli seharga Rp 10 juta.

"Saya terharu, karena merasa karya saya dihargai," ucapnya.

Sementara itu, Ridwan Kamil mengatakan, membeli lukisan Ucok untuk disimpan menjadi salah satu koleksinya. Lukisan itu akan dipamerkan selama seminggu kedepan.

"Lukisannya bagus, menjadi kenangan kami (keluarga). Saya simpan dulu seminggu di sini untuk dipamerkan, baru kemudian dibawa untuk disimpan jadi koleksi keluarga," tutupnya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut