get app
inews
Aa Read Next : 4 Crazy Rich pemilik bisnis penerbangan, Nomer 3 Hanya Lulusan SMP

5 Orang Indonesia yang Sukses Tanpa Sekolah, Ada Mantan Menteri, Pengusaha Sukses

Selasa, 19 Juli 2022 | 06:29 WIB
header img
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (Foto: instagram/@susipudjiastuti115)

JAKARTA, iNews.id - Lima orang Indonesia yang sukses tanpa sekolah tercatat ada mantan menteri, pengusaha, konglomerat, hingga presenter. Kelima orang ini juga dikenal sebagai inspirator dalam bidang nya masing-masing di Indonesia.

Ijasah memang penting, namun yang paling penting adalah pengalaman yang berharga dan tidak kenal putus asa untuk menjadi kesuksesan bagi 5 orang ini.

Lalu siapa saja orang Indonesia yang sukses tanpa sekolah? Simak rincian yang berhasil dihimpun MNC Portal dari berbagai sumber. 

1. Adam Malik

Tokoh sukses tanpa ijazah selanjutnya adalah Adam Malik. Mungkin kamu pernah mendengar Adam Malik sebagai Menteri luar negeri pertama Indonesia. 

Adam Malik merupakan tokoh nasional dengan pendidikan rendah, Ia tidak memiliki gelar sarjana, hanya sebatas lulusan sekolah dasar.

Namun, peran Adam Malik kepada Republik Indonesia begitu besar. Pada tahun 1930-an ia mendirikan kantor berita Antara sebagai sarana penyebaran informasi ke masyarakat. 

Ia bahkan sempat menjabat di beberapa posisi penting mulai dari Wakil Perdana Menteri, Menteri Luar Negeri, dan duduk di kursi parlemen.

2. Susi Pudjiastuti


 

Mantan menteri kelautan dan perikanan ini merupakan orang yang dikagumi banyak pihak.

Namun siapa sangka, dengan jabatannya yang mentereng dengan meme 'tenggelamkan' ini ternyata tidak pernah mengenyam sekolah tinggi. 

Susi bukan lahir dari keluarga kaya maupun berpendidikan tinggi. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut