get app
inews
Aa Read Next : Caleg M Masruri Kuasai Perolehan Suara PSU Kota Tegal

Mulai 1 Agustus 2022 KPU Kota Tegal Buka Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024

Jum'at, 29 Juli 2022 | 23:11 WIB
header img
Ketua KPU Elvi Yuniarni bersama Komisioner Divisi Tekhnis Penyelenggaraan KPU Kota Tegal Lies Herawati. (Foto: Zafran Arshaka)

Lies menjelaskan, untuk verifikasi faktual, di antaranya terkait dengan keberadaan kantor kepengurusan di daerah dan keanggotaan. Teknisnya, dari KPU pusat akan menyampaikan Parpol yang akan diverifikasi, kemudian dari daerah akan mendatangi langsung ke sasaran.

Lies menjeelaskan untuk jumlah Parpol yang mendaftar masih belum diketahui karena pendaftaran baru dibuka pada 1 Agustus mendatang. Namun, data saat ini yang sudah mengakses Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) di KPU pusat sebanyak 38 Parpol, dan yang sudah berkoordinasi dengan provinsi sebanyak 26 Parpol.

Seperti diketahui, KPU telah resmi membuka tahapan Pemilu 2024 sejak 14 Juni 2022 lalu. Sedangkan pemungutan suara akan diberlangsungkan 14 Februari 2024.

Ketua KPU Kota Tegal Elvi Yuniarni mengungkapkan, Peraturan KPU No. 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 mencantumkan segala tahapan dan penyelenggaran Pemilu 2024. Elvi menyebut, Parpol yang akan mendaftar sudah bisa mengunggah data dan dokumen pendaftaran melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) sejak 24 Juni lalu.

“Parpol yang sudah mendapatkan akses Sipol ada 38 parpol nasional, dan tujuh parpol lokal di Aceh. Kalau di Tegal untuk Parpol baru, baru Partai Ummat yang sudah datang audiensi dengan kami,” pungkas Elvi

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut