get app
inews
Aa Read Next : 12 Tempat dengan Nama Aneh di Dunia, Salah Satunya Anus di Prancis

5 Negara yang Paling Sering Juara Piala AFF U-16, Indonesia Tidak Masuk Ternyata

Jum'at, 29 Juli 2022 | 23:37 WIB
header img
Lima negara yang paling sering juara piala AFF U-16, Indonesia tidak masuk ternyata. Pasalnya Indonesia baru mengumpulkan 1 kali juara dalam turnamen tersebut. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Lima negara yang paling sering juara piala AFF U-16, Indonesia tidak masuk ternyata. Pasalnya Indonesia baru mengumpulkan 1 kali juara dalam turnamen tersebut. Terlebih ajang Piala AFF U-16 akan segera dimulai dalam hitungan hari.

Dari 14 kali turnamen ini di gelar, Timnas Indonesia hanya mampu meraih 1 kali gelar juara, 1 kali Runner up dan 2 kali finis di posisi ke 3 dan ke 4.

Para penggemar sepak bola dapat menyaksikan turnamen sepak bola ini mulai tanggal 31 Juli hingga 3 Agustus 2022 dengan mengambil lokasi di Yogyakarta. 

Laga perdana nantinya akan cukup menarik karena menampilkan Timnas Indonesia melawan Timnas Filipina di Stadion Maguwoharjo pada pukul 20.00 WIB. 

Namun pada kesempatan kali ini Sportstars.id akan membahas 5 negara yang paling sering juara di Piala AFF U-16. Berikut informasinya;

5 Negara yang Paling Sering Juara Piala AFF U-16 

5. Malaysia 

Negara tetangga Indonesia ini sudah mengumpulkan dua gelar juara Piala AFF U-16 sejak pertandingan ini diadakan. Malaysia pertama kali menjuarai Piala AFF U-16 pada tahun 2013.

Malaysia menjadi juara setelah berhasil memenangkan pertarungan sengit melawan Timnas Indonesia. Pertandingan dengan skor seri 1-1 berakhir dalam laga adu penalti. Dalam adu penalti Malaysia menang skor 3-2 atas Indonesia.

Selanjutnya pada tahun 2019 Malaysia kembali berhasil membawa pulang Piala AFF U-16 untuk yang kedua kalinya. Malaysia menjadi juara setelah berhasil mengalahkan tuan rumah, Thailand dengan skor 2-1. 

4. Australia 

Piala AFF U-16 sejatinya adalah pertandingan sepak bola negara negara Asia Tenggara. Namun dalam pelaksanaanya tak jarang dihadirkan beberapa negara tamu untuk ikut serta meramaikan. Australia adalah salah satu negara tamu yang diundang untuk berpartisipasi dalam ajang ini.

Tapi jangan salah, Australia justru berhasil membawa pulang trofi Piala AFF U-16 sebanyak dua kali. Pada tahun 2008 Australia menjadi juara setelah bertanding melawan Bahrain dengan jumlah skor 5-3 dalam drama adu penalti.

Kemudian pada tahun 2016 Australia berhasil memenangkan pertandingan lagi melawan Vietnam dengan skor adu penalti 5-3.

3. Myanmar 

Sama seperti dua negara sebelumnya, Myanmar juga memiliki dua gelar juara Piala AFF U-16. Gelar juara pertama yang didapatkan Myanmar ketika berhasil melawan Laos dengan skor 4-1 pada tahun 2002.

Pada tahun 2005 Myanmar kembali berhasil keluar sebagai juara setelah berhasil mengalahkan Thailand di laga final lewat adu penalti.

2. Vietnam 

Vietnam sudah mengantongi tiga gelar juara pada ajang Piala AFF U-16. Vietnam berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 pertama kali pada tahun 2006. Setelahnya pada tahun 2010 Vietnam kembali meraih gelar juara setelah melawan China pada laga final dengan skor 1-0. Trofi ketiga Vietnam didapatkan setelah melawan Thailand di babak final pada tahun 2017.

1. Thailand

Sama seperti Vietnam, Thailand juga berhasil mengantongi tiga gelar juara Piala AFF U-16. Tapi prestasi Thailand masih lebih unggul daripada Vietnam dikarenakan Thailand berhasil menjadi runner up sebanyak 4 kali. Sedangkan perolehan gelar runner up milik vietnam baru 1 kali.

Thailand memenangkan Piala AFF U-16 untuk pertama kalinya pada tahun 2007. Di final, mereka mengalahkan Laos 3-2. Setelah itu, Thailand kembali mengalahkan Laos 1-0 di final dan kemudian kembali menjadi juara pada 2011. Terakhir, ia menjadi juara pada tahun 2015.

Demikian informasi 5 negara yang paling sering juara Piala AFF U-16. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia INews.Tegal.id

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut