get app
inews
Aa Read Next : Caleg M Masruri Kuasai Perolehan Suara PSU Kota Tegal

Tahu Aci Jajanan Khas Tegal, Cocok untuk Camilan dan Oleh-Oleh

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 21:40 WIB
header img
Kios Umi menyediakan cemilan khas Tegal Tahu Aci dan Pletok di Jalan Werkudoro Kota Tegal. (Foto: Nino)

KOTA TEGAL, iNews.id - Di Kota Tegal, Jawa Tengah punya banyak kuliner tradisional yang unik dan enak dinikmati untuk camilan maupun oleh-oleh. 

Tahu Aci Umi adalah tahu kuning yang dipotong menjadi dua bagian, menjadi bentuk segitiga, lalu bagian tepinya sedikit ditempel adonan tepung kanji, daun kucai, daun bawang dan bumbu lainnya diolah menjadi nama Aci.

Seperti tahu Aci dan tahu pletok Umi. Untuk mendapatkan tidak sulit. Bisa didapat di Jalan Werkudoro 216, Kejambon, Tegal Timur, Kota, Tegal persis samping jembatan Sungai Gung. Lokasinya mudah dicari, hanya sekira 50 Meter kearah timur dari RSUD Kardinah Kota Tegal. 

Tahu Aci Umi milik Almarhum Slamet saat ini dikelola oleh kedua putranya Haryanto (52) dan Budiyanto (43).

Untuk proses membuatnya Budiyanto menjelaskan, tahu yang berbentuk kotak, dipotong tengahnya sehingga jadi 2 buah segi tiga siku-siku. Jika sudah, untuk membuat adonan acinya cukup campurkan tepung tapioka, ampas tahu, daun kocai, daun bawang, bawang putih, lada, dan garam. Setelah itu, tempelkan isiannya di salah satu sisi tahu segitiga yang sudah disayat tadi. Langkah terakhir, tahu aci tinggal digoreng hingga matang.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut