Logo Network
Network

Kue Tempel, Jajanan Tradisional Khas Tegal yang ada sejak Tahun 1940

Nino
.
Senin, 07 November 2022 | 19:20 WIB
Kue Tempel, Jajanan Tradisional Khas Tegal yang ada sejak Tahun 1940
Kue tempel, jajanan tradisional khas Tegal yang ada sejak tahun 1940. (Foto: Nino)

KOTA TEGAL, iNewsTegal.id Kue tempel, jajanan tradisional khas Tegal yang ada sejak tahun 1940. Kota Tegal, Jawa Tengah selain dikenal dengan Warung Tegal (warteg), nasi lengko, sate kambing, tahu aci, rujak teplek ada jajanan tradisional yang sudah ada sejak Tahun 1940 yakni jajanan kue Tempel.

Kue Tempel sendiri merupakan kuliner yang berbahan daras tepung beras dicampur dengan parutan kelapa, pisang raja yang sudah masak serta gula merah. Adonan yang sudah jadi kemudian dimasak di atas wajan dan penyajian nya mirip dengan kerak telor.

Di Kota Tegal penjual jajanan Tempel bisa dijumpai di dua lokasi. Salah satunya yakni di lapak milik Mamah Cun (76) yang berada di Jalan HOS Cokroaminoto Kota Tegal, buka mulai pukul 08.00-17.00. Kue Tempel dihargai Rp 7.000 per biji.

Mamah Cun yang merupakan generasi keempat dari usaha yang dirintis nenek buyutnya ini mengaku, kalau salah satu usaha keluarga yang dipertahankan hingga saat ini adalah menjual kue tempel.

"Kue tempel merupakan kuliner asli khas Tegal, merupakan usaha turun-temurun keluarga sejak 1940-an," ujar Mamah Cun yang dibantu keponakannya.

Follow Berita iNews Tegal di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini