get app
inews
Aa Read Next : Ditinggal Sholat Jumat, Rumah Seorang Haji di Pemalang Terbakar

6 Tempat Kuliner Paling Legendaris di Pemalang, Wajib Dicoba!

Sabtu, 11 Desember 2021 | 09:00 WIB
header img
Sederet kuliner legendaris yang ada di Pemalang, Jawa Tengah (Foto : instagram:sis_rm.gemes)

PEMALANG, iNews.id – Sederet tempat kuliner legendaris di Pemalang Jawa Tengah siap mengisi perut Anda. 

Kelezatan dari setiap hidangan dengan cara pengolahan tradisional membuat kuliner di Kabupaten Pemalang ini jangan sampai Anda lewatkan begitu saja.

Berikut daftar 6 tempat kuliner di Pemalang Jawa Tengah yang bisa bikin ketagihan :

1. Nasi Grombyang H. Warso

Salah satu tempat kuliner yang menjual makanan khas Pemalang yakni Nasi Grombyang.

Tempat kuliner yang selalu ramai ini buka mulai dari jam 09:00 - 22:00 WIB. Tempatnya sangat luas dan bersih namun pengujung harus rela mengantre demi mencoba makanan legendaris satu ini.

Nasi Grombyang berisikan nasi, irisan daging sapi dan kuah kaldu yang melimpah kemudian disajikan dalam mangkuk kecil. 

Rasa kuah kaldu yang kaya akan cita rasa, dipadukan dengan irisan daging sapi empuk dijamin Anda tidak akan puas jika hanya menyantap satu mangkuk saja.

Tak perlu khawatir dengan kantong, satu mangkok Nasi Grombyang dibanderol seharga Rp17.000. 

Makanan yang hampir mirip dengan rawon ini paling pas dinikmati dengan sate telur puyuh atau sate lilit. Kuahnya yang hangat paling afdol jika disantap malam hari atau saat musim hujan.

Berada di Jalan RE. Martadinata No.Kelurahan, Pelutan, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Jarak dari pusat Kota Pemalang kurang lebih 300 meter atau sekitar 2 menit menggunakan kendaraan pribadi.

2. Lontong Dekem Pak Drajat

Makanan yang cocok disantap saat musim hujan yakni Lontong Dekem.

Tempat kuliner ini buka mulai dari jam 16:00 –22.00 WIB. Makanan yang sudah melejit dari tahun 90-an ini berisikan lontong yang di potong-potong, irisan daging bebek, kemudian disiram dengan kuah kuning lalu diberi remahan kerupuk diatas.

Yang paling menggugah selera yakni dari kuahnya yang kaya akan bumbu rempah-rempah.

Pengujung dapat menikmati kuliner satu ini dengan tambahan sate lilit, sate ayam, maupun sate telur puyuh. Berada di Jalan Mochtar, Kebondalem, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Letaknya tidak jauh dari Apotek Asa Farma masih berada di lingkungan Alun-alun Pemalang.

3. Kepiting Gemes Pak Mamo

Tempat kuliner di Pemalang Jawa Tengah berikutnya yakni Kepiting Gemes Pak Mamo.

Pecinta hidangan seafood jangan sampai ketinggalan untuk mencobanya,  tempat kuliner satu ini sangat cocok untuk dikunjungi. Kepiting Gemes Pak Mamo menawarkan aneka hidangan seafood seperti spesial Kepiting Gemes, Udang Goreng Tepung, Cumi Saus Tiram, Udang Asam Manis, dan masih banyak lagi. 

Tempatnya yang bersih dan rapi dijamin bisa meningkatkan selera makan Anda.

Bagi pengunjung yang tidak memakan seafood tak perlu bimbang karena di tempat kuliner ini juga menyajikan hidangan lain seperti Cah Tauge dan Gurame Asam Manis.

Semua hidangan tersebut tentunya sangat pas jika disajikan dengan nasi putih panas dengan segarnya es teh manis. Berada di Jalan Urip Sumoharjo No.131, Pelutan, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

4. Sate Loso Pak No

Kuliner yang banyak digandrungi masyarakat yakni sate yang buka dari pukul 10:00 - 20:00 WIB.

Namun sate loso ini menggunakan daging kerbau yang sudah dibumbui hingga meresap sempurna kemudian dibakar di atas arang. 

Biasanya sate loso disajikan dengan bumbu kacang yang sudah dihaluskan bersama bumbu pelengkap seperti cabe merah, bawang putih, dan bawang merah. Tekstur dari daging kerbau yang empuk dipadukan dengan bumbu kacang yang pedas, manis dan gurih siap menggoyang lidah Anda. Pengunjung bisa menyantap hidangan khas Pemalang ini dengan nasi putih, lontong, ketupat atau bisa juga dengan sup urat. 

Selain sate loso yang menjadi andalan tempat kuliner satu ini juga menawarkan menu lain seperti sayur loso, ayam goreng, bebek goreng dan tempe tahu penyet. Untuk bisa menikmati kelezatan sate loso Anda harus datang ke alamat Jalan Kelud No.3, Cokrah, Mulyoharjo, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

5. Bakso Balungan Kebon Pelem 

Seperti bakso pada umumnya, namun yang membuat hidangan ini unik karena di dalam satu mangkuk bakso terdapat balungan atau tulang-tulang dari kerbau. Kuah bakso yang segar ditambah dengan cara menyantapnya yang asyik membuat kuliner satu ini menjadi perhatian masyarakat. 

Jika beruntung Anda bisa mendapatkan sumsum di sela-sela tulang kerbau. Untuk bisa mencicipi cita rasa dari bakso balungan pengunjung hanya perlu datang ke alamat Jalan Letjen Di Panjaitan, Karanglo, Sewaka, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

6. Warung Makan Pecak Belut Bu Niti 

Yang terakhir yakni Pecak Belut. Seperti namanya kuliner satu ini mengandalkan daging belut yang lembut. Belut yang sudah diberi bumbu digoreng di atas minyak panas hingga kering kemudian di pecak di atas cobek berisikan sambal pedas. Di Pemalang sendiri mempunyai dua jenis cara penyajian pecak belut, versi kering dan santan. 

Jika menggunakan santan setelah di pecak belut akan disiram menggunakan kuah santan yang gurih. Tekstur daging belut yang renyah dipadukan dengan pedasnya sambal, gurihnya santan dan segarnya lalapan siap membuat lidah Anda bergoyang. Berada di Jalan Raya Tegal Mlati, Sekreo, Tegal Melati, Kec. Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Itulah 6 tempat kuliner di Pemalang Jawa Tengah paling legendaris yang bisa Anda coba jika sedang jalan-jalan di daerah Pemalang.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut