get app
inews
Aa Read Next : Takar BBM Eceran, Sebuah Kios dan Motor di Bumiayu Ludes Dilalap si Jago Merah

Keren, Situs Bumiayu Diusulkan Menjadi Geopark ke Kementerian ESDM

Selasa, 21 Desember 2021 | 15:39 WIB
header img
Situs Bumiayu diusulkan menjadi geopark ke Kementerian ESDM (Foto: Ist)

BREBES, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Brebes kini tengah mengusulkan Situs Bumiayu menjadi Geopark ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalu Gubernur Jateng. 

Usulan dibangunnya Geopark itu setelah melalui berbagai kajian ilmiah yang melibatkan beberapa peneliti kepurbakalaan. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) Brebes, Aprianto Sudarmoko menjelaskan, Situs Bumiayu diusulkan ke pemerintah pusat menjadi Geoprak karena dari hasil penelitian dinilai sangat layak.

Salah satunya, dengan ditemukannya homo erectus yang ternyata memiliki usia lebih tua dari temuan fosil di Kabupaten Sangiran. Tujuannya, selain sebagai upaya pelestarian terhadap warisan geologi, pengusulan Geopark ini juga untuk dimaksudkan dijadikan destinasi wisata.

"Kami mengusulkan ini karena memang ada rekomendasi dari hasil penelitian, jika Situs Bumiayu ini layak menjadi Geopark. Usulan kami sampaikan ke provinsi yang selanjutnya ke Kementerian ESDM. Hari ini kami juga melaksanakan sosialisasi dari rekomendasi terkait usulan ini," ungkapnya, Selasa (21/12/2021). 

Menurut dia, selain menyampaikan usulan, pihaknya juga terus berproses terkait tahapan persiapan untuk mewujudkan Geopark tersebut. Di antaranya, membuat Surat Keputusan (SK) Bupati Brebes terkait Geosite sesuai dari hasil rekomendasi penelitian tersebut.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut