get app
inews
Aa Read Next : 5 Oleh-Oleh Kota Tegal Paling Populer, dari Tahu Aci sampai Manisan Cermai

10 Menu Favorit Warteg Pengisi Perut, Tumis Usus Jadi Juara

Jum'at, 24 Desember 2021 | 19:28 WIB
header img
Beragam Menu Pilihan di Warteg (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

JAKARTA, iNews.id - Warung Tegal (Warteg) menjadi favorit orang Indonesia semua kalangan untuk mengisi perut. Dengan menu yang beragam dan harganya yang sangat terjangkau membuat warteg tak pernah sepi pengunjung. Tak heran bila meskipun berbagai kafe dan resto udah bermunculan di tengah masyarakat, warteg masih menjadi pilihan untuk membeli santapan favorit.

Berikut rangkuman 10 menu warteg terfavorit berdasarkan survei Litbang MPI.

1. Tumis Usus


Tumis usus menjadi salah satu menu warteg terfavorit. Mengolah usus ayam merupakan proses yang cukup rumit, terlebih apabila hasil santapannya ingin terasa lebih nikmat. Sebelum diolah dan diberikan bumbu, usus harus dibersihkan dengan teliti dan direbus terlebih dahulu. Menjadikan menu ini sebagai menu favorit di warteg menjadi pilihan yang tepat sebab santapan tersebut sudah diolah menjadi lauk yang lezat.

2. Kentang Balado

Kentang balado termasuk salah satu olahan dengan bumbu pedas tersebut yang menjadi menu pilihan di warteg. Proses pembuatannya diawali dengan menggoreng kentang yang telah dipotong dadu dan bumbu halus secara terpisah sebelum kemudian dicampur. Beberapa resep sering kali menambahkan petai atau hati ke dalam campuran kentang balado ini.

3. Terong Balado

Selain kentang, terong juga dapat diolah dengan sambal balado. Cara mengolahnya pun cukup sederhana. Pengolahannya diawali dengan menggoreng terong dan bumbu balado secara terpisah. Setelah bumbu halusnya matang, terong yang telah digoreng dicampurkan dengan bumbu dan ditunggu hingga bumbu menyerap ke dalam terong.

4. Telur Balado

Sebagaimana balado sebagai bumbu yang dapat diolah dengan berbagai bahan, telur juga menjadi bahan yang dapat diolah dengan bumbu tersebut. Kelezatan dari menu ini pun sudah tidak perlu diragukan sebab menu ini sudah menjadi andalan di berbagai kesempatan.

5. Telur Dadar

Menu ini memang mudah untuk diolah lantaran hanya membutuhkan telur yang dikocok kemudian digoreng di penggorengan panas. Namun tidak dapat dipungkiri hampir setiap saat, olahan telur dadar warteg lebih enak dari olahan dapur sendiri. Tak heran banyak pelanggan yang menjadikan telur dadar sebagai menu andalannya apabila makan di warteg.

6. Tongkol Balado

Masih dengan bumbu balado, ikan tongkol pun bisa diolah dengan bumbu tersebut dan menghasilkan santapan yang lezat. Bahan dasar yang harganya relatif murah ini pun menjadi favorit pembeli lantaran rasanya yang nikmat. Meskipun demikian, proses pembuatannya cukup rumit guna menghindari rasa pahit dari ikan tongkol.

7. Tempe Orek

Selain merupakan bahan dasar yang murah, tempe juga merupakan bahan makanan yang mudah diolah dan dikombinasikan dengan menu lain. Tempe orek sebagai salah satu menu olahan berbahan dasar tempe ini hanya perlu dilengkapi dengan beberapa bahan lainnya yang tentu mudah ditemui, seperti bawang, cabai, lengkuas, kecap, dan garam. Menu ini juga menjadi salah satu menu andalan penikmat masakan warteg.

8. Ayam Goreng

Meskipun harganya yang cenderung lebih mahal dari santapan lain di warteg, ayam goreng masih menjadi menu favorit masyarakat. Ayam goreng yang ditawarkan di warteg memiliki beragam keunikan, di antaranya adalah tekstur yang tepat empuk meskipun sudah dipajang di etalase dalam waktu yang lama.

9. Sayur Sop

Menu sayuran pun tidak tertinggal dari deretan menu favorit warteg. Sayur sop menjadi salah satu sayur favorit lantaran rasanya yang lezat dan gurih. Jenis sayur dengan kuah kaldu bening ini pun beragam, mulai dari sop daging hingga yang hanya berisikan sayur mayur. Meskipun demikian, hidangan sederhana dapat melengkapi santapan penikmat menu warteg.

10. Tumis Kikil


Kikil merupakan bahan makanan yang sering ditemukan di berbagai santapan di Asia, terlebih di Indonesia. Cara mengolah kikil pun bermacam-macam, salah satunya tumis kikil. Menu sederhana ini juga sering kali dijadikan menu favorit para pelanggan warteg. Teksturnya yang kenyal juga menjadi faktor makanan ini memiliki banyak penggemar.

 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut