get app
inews
Aa
Read Next : Selama Pandemi, Angka Perkawinan Anak Naik 300%, Ini Penyebabnya

Masker Ini Bisa Bersinar saat Terkena Virus Covid-19, Dibuat dari Antibodi Burung Unta

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:42 WIB
header img
Peneliti Jepang Bikin Masker, Bisa Bersinar saat Terkena Virus Covid-19 (Foto: Istimewa/iNews.id doc)

JAKARTA, iNews.id - Peneliti di Universitas Kyoto berhasil menciptakan masker yang tidak hanya berfungsi melindungi manusia dari virus seperti Covid-19, namun juga mampu mendeteksi adanya virus Covid-19 yang menyentuh pada bagian masker.

Masker itu berhasil diteliti di Universitas Kyoto dengan mengembangkan filter yang terbuat dari antibodi burung unta. Jadi, saat filter ditempatkan di bawah sinar UV akan bersinar jika itu menunjukkan dia telah bersentuhan dengan virus corona. 

Para ilmuwan pertama kali menyuntikkan burung unta sangat tahan terhadap penyakit sebelum mengekstrak antibodi dari kuning telur burung. Mereka kemudian mengikatnya ke filter di masker menggunakan asm polilaktat, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo.

Jadi apa gunanya masker seperti itu? Menurut peneliti utama Yasuhiro Tsukamoto, “Jika infeksi virus dapat dideteksi dengan memasang filter mulut yang membawa antibodi burung unta dalam 'masker sekali pakai' yang digunakan setiap hari di dunia, orang yang terinfeksi tanpa gejala seperti penyebar super dapat secara sukarela diobati pada tahap awal.”

Sayangnya, apakah ada rencana untuk benar-benar mulai membuat dan menjual filter ini. Tapi, Tsukamoto mengatakan dia berharap teknik ini dapat diterapkan pada virus lain juga. Artinya, berarti setelah pandemi ini berlalu, itu masih dapat digunakan di dunia.                                                 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut