get app
inews
Aa Read Next : Bersaing dengan 4 Raksasa, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Gejala Covid 19 Bisa Dilihat dari Kuku

Minggu, 12 Juni 2022 | 09:26 WIB
header img
Fakta terbaru, gejala Covid-19 bisa diketahui lewat kuku. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Sebuah studi mengungkap gejala Covid 19 bisa diketahui melalui kuku, terinfeksi virus Covid-19 sendiri bisa terjadi pada siapa saja, ada yang mengalami gejala atau tanpa gejala.

Melansir TimesofIndia, Minggu (12/6/2022) studi mengatakan hingga 20 persen pasien dengan Covid-19 memiliki manifestasi kulit. Setelah terinfeksi Covid-19 atau selama kelainan pada kuku terlihat pada banyak individu.

Di sisi lain, gejala Covid-19 pada umumnya, mengalami gejala yaitu flu,pilek dan demam. Namun untuk memastikan positif Covid-19 atau tidak, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dr.Reisa Broto Asmoro meningkatkan segera testing Covid-19 (antigen atau PCR). 

"Merasakan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan ada demam, menyerupai flu sebaiknya dilakukan antigen (test swab) sesegera mungkin," kata dr Reisa, Minggu (27/2/2022).

Sebanyak 61 studi penelitian mengkonfirmasi lesi (luka), seperti chilblain pada kuku setelah infeksi Covid-19. Berikut penjelasan rinci tanda-tanda Covid-19 yang terlihat pada kuku:

1. Lekukan horizontal di atas kuku jari tangan dan kaki

2. Garis putih di semua kuku

3. Perubahan warna oranye di ujung dasar kuku

4. Pita merah-ungu di dasar kuku

5. Rasa terbakar, dan gatal-gatal pada jari tangan dan kaki, jika berlangsung lama mempengaruhi daerah sekitar dasar kuku

6. Sensasi kesemutan di kuku jari kaki

7. Kuku terkelupas yang tidak bisa dijelaskan

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut