get app
inews
Aa Read Next : Jumat Berkah Masjid di Pantura Brebes Bagi Kupon Gratis Makanan

Patut Ditiru, Masjid di Brebes Sediakan Makan Gratis hingga Berdayakan UMKM

Jum'at, 28 Januari 2022 | 18:16 WIB
header img
Sebuah masjid di Kabupaten Brebes memberikan kupon makan gratis (foto: Ist)

BREBES, iNews.id - Sebuah masjid di Kabupaten Brebes memberikan kupon makan gratis bagi para jamaah salat Jumat dan musyafir. Pengurus masjid menggandeng sejumlah pedagang kaki lima untuk memberikan makanan gratis bagi jamaah.

Masjid Nurul Iman di jalur Pantura Jalan Gajah Mada Kabupaten Brebes ini, bersedekah dengan membagikan kupon makan gratis bagi para jamaah salat Jumat dan musyafir. Setiap jamaah ataupun musyafir yang mampir untuk menunaikan ibadah salat Jumat diberi kupon makan senilai Rp5 ribu tanpa memandang latar belakang jamaah.

Pihak Dewan Keluarga Masjid (DKM) Nurul Iman menggandeng para pelaku usaha mikro, yakni pedagang kaki lima yang biasanya berkililing di sekitar masjid untuk menyediakan makanan senilai Rp5 ribu kepada jamaah dan musyafir. Usai salat Jumat, para PKL ini langsung diserbu jamaah untuk menukarkan kupon dengan makanan.

"Ada beragam jenis makanan yang disediakan, mulai dari nasi bungkus, ketoprak, bakso, siomay hingga bubur kacang hijau. Para jamaah dan musyafir menyambut baik sedekah Jumat ini. Apalagi akibat pandemi banyak orang yang pendapatannya menurun," kata seorang musyafir, Arief, Jumat (28/1/2022).

Para PKL pun bersyukur dan merasa terbantu dengan adanya kupon makan gratis dari DKM. Apalagi belakangan ini dagangannya kerap sepi pembeli. Salah seorang pedagang, Sugino mengaku ia dijatah 60 porsi makanan, namun ternyata melebihi target ia melayani penukaran 70 kupon dengan omset sekitar Rp385 ribu. 

"Alhamdulillah bisa berpartisipasi dan mendapatkan rezeki di masjid ini," ungkap Sugino. 

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Nurul Iman, Cecep Sofyan mengatakan, sebelumnya pihak masjid hanya membagikan nasi bungkus tiap Jumat. Namun karena kurang tertib pihaknya menggunakan kupon makan gratis. Selain berbagi kepada sesama pihaknya juga ikut memberdayakan para pelaku UMKM.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut