get app
inews
Aa Read Next : 3 Pesepakbla yang Jadi Rebutan Klub Top Eropa Usai Piala Dunia 2022

Simak 5 Akademi Sepak Bola Favorit di Dunia, Ada Bintang Skuad Garuda Lulusan Ajax

Senin, 28 Februari 2022 | 19:01 WIB
header img
Akademi La Masia milik Barcelona sudah terkenal di dunia (Foto: Sportskeeda)

JAKARTA, iNews.id -  Akademi sepak bola turut andil dalam mencetak pemain-pemain berkualitas. Tak heran jika banyak klub top Eropa yang memiliki akademinya sendiri agar proses regenerasi berjalan lancar.

Kendati begitu, tak sedikit pula klub yang kemudian mendapatkan penghasilan dengan menjual para pemain binaan mereka klub lain. Berikut adalah lima klub yang memiliki akademi terbaik di dunia saat ini.

1. La Masia Barcelona
La Masia merupakan akademi milik raksasa Spanyol, Barcelona. Klub ini dikenal sering menciptakan talenta muda menjadi pemain top dunia.

Sebut saja Lionel Messi yang sukses mencatatkan rekor peraih penghargaan Ballon d'Or terbanyak saat ini. Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, pun merupakan pemain jebolan dari Akademi La Masia.

2. Akademi Ajax Amsterdam
Klub besar Liga Belanda ini juga memiliki akademi yang bagus. Tak hanya itu, Ajax juga dikenal mampu mengolah pemain muda dari berbagai negara di dunia untuk dijadikan pemain hebat.

Mereka bahkan sangat terbuka dalam menampung pemain muda asing di klub utama mereka. Salah satu pemain keturunan Indonesia jebolan Akademi Ajax yang bergabung di Skuad Garuda adalah Ezra Walian.

3. Akademi Manchester United
Manchester United sangat kental dengan koleksi binaan pemain akademi mereka yang banyak menjelma menjadi pemain top bahkan legenda. Kesuksesan tersebut juga sempat diabadikan dalam sebuah film dokumenter berjudul The Class of 92 yang tayang pada 2013 lalu.

Beberapa nama yang kini kita kenal sebagai pemain hebat di masanya merupakan jebolan akademi Man United. Mereka adalah David Beckham, Ryan Giggs, Gary Nevile, Phil Neville, serta Paul Scholes.

4. Akademi Olympique Lyon
Di Prancis, Olympique Lyon juga memiliki akademi terbaik. Meski kiprah klub utama mereka masih redup dari Paris Saint-Germain belakangan ini namun kesuksesan didikan akademi mereka patut diacungi jempol.

Beberapa pemain hebat yang kita kenal seperti Karim Benzema misalnya merupakan hasil dari cetakan Lyon. Skuad utama mereka pun masih didominasi oleh pemain akademi mereka seperti Anthony Lopes, Houssem Auoar, serta Rayan Cherki.

5. Akademi Athletic Bilbao
Perlu diketahui, sosok kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga sejatinya merupakan hasil dari produksi akademi Bilbao. Artinya Bilbao memiliki akademi yang cukup baik untuk dapat menghasilkan pemain top.

Diketahui mereka juga masih menganut budaya lama, Cantera. Hal ini yang membuat klub tersebut jarang mendapat pemain dari klub lain. Meski demikian tercatat Bilbao belum terdegradasi sejak 1929.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut