get app
inews
Aa Read Next : Sri Mulyani Beberkan Jika APBN Sakit, Bikin Ngeri

Alasan Indonesia Berutang, Sri Mulyani: Demi Selamatkan Rakyat

Selasa, 22 Maret 2022 | 15:55 WIB
header img
Menkeu Sri Mulyani mengatakan, pemerintah berutang demi menyelamatkan rakyat (foto: dok. iNews.id).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, alasan pemerintah berutang adalah demi menyelamatkan masyarakat. Apalagi di situasi pandemi Covid-19 yang membuat kehidupan masyarakat makin sulit.   

"Kita berutang ini semata-mata demi menyelamatkan masyarakat, baik dari segi ekonomi dan sosial, terutama melihat situasi yang kita hadapi," kata dia di Jakarta, Selasa(22/3/2022). 

Menurutnya, jika pemerintah tidak berutang, Indonesia akan dibayangi ancaman turunnya penerimaan dan kesehatan masyarakat. Belum lagi, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), serta memburuknya sektor sosial, ekonomi, dan keuangan.  "Jika tidak utang, maka hal-hal tersebut akan sulit dihentikan. 

Bukan hanya Indonesia, banyak negara lain yang juga membutuhkan utang demi menjaga ekonominya dari hantaman pandemi," ujarnya. 

Kendati demikian, dia menuturkan, jika dibandingkan dengan negara lain, utang Indonesia masih jauh lebih terkendali.  "Ini dapat dilihat dari defisit anggaran yang sudah turun perlahan dan kembali di bawah 3 persen. Jadi kenapa utang? karena kita menerima penerimaan saat ekonomi naik lagi. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut