get app
inews
Aa Read Next : Santunan Anak Yatim Warnai Pelantikan DPC 234 SC Kota Tegal

Desa Miskin di Pemalang Ini Raup Ratusan Juta per Bulan Lewat Eduwisata

Senin, 16 Mei 2022 | 09:20 WIB
header img
Desa Bojongnangka, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang pernah menyandang predikat desa miskin, kini telah berkembang dan memiliki edukasi wisata. (Foto : Istimewa)

Pendampingan itu, menurut dia, dilakukan untuk mengangkat desa dari jeratan kemiskinan. Dengan cara, pendataan potensi dan dicarikan solusinya.

Jumlah penduduk Desa Bojongnangka sekitar 9.600 jiwa lebih dengan 3.500 kepala keluarga. Dan, 99 persen bekerja sebagai petani dan buruh tani. "Kita masih dalam tahap meningkatkan perekonomian khususnya petani," ujarnya.

Di tahun 2019, Pemdes setempat berinisiasi untuk membangun rumah produksi pupuk organik. Namun, karena keterbatasan anggaran, sehingga hanya mampu membeli mesin pencacah sampah. Bukan hanya itu, pendampingan itu juga dilakukan dengan memberikan pelatihan-pelatihan.

"Di tahun 2020 itu ada pendampingan dari BKD dan kerja sama Bank Jateng memberikan bantuan alat pengayak sampah, bangunan rongga untuk fermentasi, tempat sampah dan becak pengangkut sampah. Nah, saat itu produksi pupuk organik bisa beroperasi," kata Wahmu.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Tegal di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut